Jakarta (24/6) – Emas sering disebut sebagai logam mulia. Predikat ini diberikan bukan hanya karena nilai moneternya yang diakui di seluruh dunia, melainkan juga karena karakteristik logam ini sendiri. Para arkeolog tidak jarang menemukan benda-benda antik berbahan emas yang tersimpan selama berabad-abad dengan kondisi yang masih seperti baru. Tetapi, logam mulia pun bisa kehilangan kilau aslinya dan membutuhkan proses pembersihan yang tepat. Berikut ini informasi mengenai cara membersihkan emas dan cara menjaga kilau perhiasan emas Anda.

  1. Sabun Cuci Piring dan Air Hangat
  2. Cara membersihkan cincin emas yang pertama sempat disinggung di awal tadi, bahwa bisa dengan menggunakan sabun cuci piring. Cara ini mungkin yang paling mudah dan sangat mungkin untuk dilakukan. Dilansir dari laman sahabatpegadaian cara membersihkan dengan sabun cuci piring ini bisa dengan menuangkan sedikit sabun cuci piring dan air, aduk merata, dan rendam perhiasan Anda selama 5 menit. Ambil sikat lembut untuk membersihkan kotoran secara perlahan. Bilas dengan air dan keringkan.

    Dan, agar semakin baik hasilnya, Anda bisa menggunakan tambahan air hangat sebagai campuran dari sabun cuci piring tersebut. Sebab, membersihkan dengan cara merendam emas dengan air hangat dan sabun dapat membantu melepaskan debu dan kotoran yang hinggap di cincin terutama pada bagian yang sulit dijangkau untuk dibersihkan.

    Ingat, air hangat jangan air panas mendidih, karena membersihkan perhiasan dengan air mendidih bisa merusak perhiasan emas, mulai dari membuat logam memuai, melunturkan lem pada perhiasan, hingga membuat batu permata terlepas dari tempatnya. Bahkan, ada beberapa jenis batu permata yang bisa patah dan terbelah.

  3. Baking Soda dan Cuka
  4. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan emas. Caranya, cukup dengan menyiapkan satu gelas air hangat, lalu masukkan baking soda. Lalu, rendam cincin emas pada larutan baking soda selama dua menit, lalu angkat, dan keringkan. Ketika proses perendaman dengan baking soda sudah selesai, maka selanjutnya Anda bisa menggunakan cuka beberapa tetes lalu gosokkan ke cincin emas. Tapi, jangan lupa untuk membilasnya dengan air biasa ya.

    Yang perlu diperhatikan yaitu, jika cincin emas memiliki mata berupa batu permata atau mutiara. Sebab, menggunakan baking soda dan cuka untuk memolesnya jusrtu akan merusak permukaan batu permata dan mutiara serta akan melonggarkan lem.

  5. Alkohol
  6. Alkohol sangat efektif dalam menghilangkan bekas lemak yang tertinggal pada cincin emas. Biasanya, lemak ini dapat muncul karena kebiasaan tidak melepasa cincin emas ketika sedang makan menggunakan tangan. Sehingga lemak dari makanan yang dikonsumsi menempel pada cincin. Bahkan, lemak tersebut dapat menempel berhari-hari dan sangat sulit untuk dibersihkan dengan air biasa.

    Meski sangat efektif dalam membersihkan emas dengan menggunakan alkohol, namun Anda harus berhati-hati, sebabnya terdapat emas yang terkadang diberi hiasan dengan bahan selain emas, yang mungkin berisiko jika terkena alkohol.

    Apabila cincin tersebut memang diyakini terbuat dari bahan emass saja, maka Anda bisa langsung merendamnya dalam larutan alkohol selama dua menit lalu sikat perlahan. Namun, apabila terdapat bahan yang lain pada emas tersebut, seperti batu permata, maka lebih baik Anda gunakan cotton bud yang dibasahi dengan alkohol, dan gosok perlahan pada cincin emas.

  7. Detergen dan Soda
  8. Cara membersihkan cincin emas selanjutnya, Anda bisa menggunakan bahan campuran detergen dan air soda. Dilansir dari sahabatpegadaian.com caranya dengan mencampurkan detergen dan soda ke dalam satu wadah, lalu aduk rata. Selanjutnya masukkan perhiasan dalam larutan tersebut.

    Tunggu sekitar 10-20 menit, lalu angkat dan sikat perlahan dengan sikat yang memiliki bulu lembut hingga tidak ada kotoran yang menempel. Dan yang terakhir, cuci dengan air dan keringkan menggunakan kain lembut.

  9. Pinset
  10. Jika dengan mempraktikkan beberapa cara membersihkan cincin emas di atas namun masih ditemui kotoran yang membandel, terutama di sela-sela cincin, maka Anda bisa menggunakan bantuan pinset untuk membersihkannya. Cara ini juga sangat efektif untuk digunakan pada jenis cincin yang memiliki motif cukup rumit dan memiliki sela-sela banyak. Dan jika Anda tidak memiliki pinset, maka Anda bisa menggunakan benda kecil dan tajam lainnya, seperti jarum.

  11. Amonia
  12. Cara membersihkan cincin emas yang terakhir ini mungkin menjadi cara yang memang paling efektif, namun sangat diperlukan kehati-hatian. Sebab, amonia merupakan senyawa kimia yang memiliki aroma sangat tajam. Bahkan saking tajamnya aroma dari amonia ini, ketika terhirup dapat menimbulkan rasa perih pada mata hingga mengeluarkan air mata.

    Untuk membersihkan emas dengan amonia caranya dengan mengambil segelas air lalu dicampurkan dengan sedikit cairan amonia. Setelah itu, Anda bisa mencelupkannya dan diamkan selama satu menit. Setelah satu menit, angkat cincin emas dengan menggunakan alat bantu, namun jangan gunakan tangan langsung, lalu bilas dengan air bersih, dan keringkan cincin emas dengan kain yang lembut.

    Meski cara membersihkan cincin emas dengan amonia sangat efektif, namun jangan merendam cincin emas dengan cairan amonia terlalu lama. Sebab, cairan amonia memiliki sifat korosif dan dapat menimbulkan karat pada cincin emas apabila direndam terlalu lama.

Ada beberapa cara membersihkan emas di rumah. Anda bahkan bisa menggunakan bermacam-macam bahan rumah tangga untuk memoles emas, tetapi berhati-hatilah karena teknik membersihkan yang salah dapat merusaknya. Jadi, selalu tes teknik dan bahan yang akan Anda gunakan sebelum mempraktikkannya langsung pada emas Anda. Mulailah dengan konsentrasi bahan rendah dan durasi pendek, lalu perlahan-lahan tingkatkan konsentrasi campurannya dan waktu pembersihannya.

Selain itu, kalau perhiasan Anda memiliki elemen tambahan—semisal berlian, mutiara, zamrud, atau batu permata dan fitur lain—pertimbangkan juga cara membersihkan elemen-elemen ini secara terpisah. Semoga informasi ini bermanfaat ya Maiders.

*sumber: liputan6