Jakarta (18/10) – Bagi Anda, Maiders beauty enthusiast, pasti sudah tak asing dengan green tea dan tea tree, dong? Tea trea oil atau minyak pohon teh, dikenal juga dengan nama latin Australia melaleuca alternifolia. Jangan salah, pohon teh yang digunakan ini berbeda dengan tanaman teh untuk membuat minuman teh hitam atau teh hijau.

Minyak pohon teh ini, sebetulnya adalah tanaman asli dari Australia, yang sejak 100 tahun terakhir digunakan sebagai minyak antiseptik dan anti inlflamasi serbaguna, serta punya khasiat banyak buat tubuh manusia. Selain untuk dijadikan produk perawatan kulit, minyak pohon teh juga berguna sebagai produk rumah tangga.

Apa saja sih manfaat tea tree oil?

Maiders, kulit kamu sangat sensitive dan berjerawat? manfaat tea tree oil yang paling populer adalah untuk mengatasi masalah jerawat, tapi selain manfaat tersebut, masih ada banyak manfaat tea tree oil lainnya untuk tubuh lho. Berikut penjelasannya!

  1. Mengatasi jerawat
  2. Siapa sih yang tidak suka dengan munculnya jerawat. Jerawat muncul di wajah dipicu oleh berbagai faktor, tapi penyebab utamanya adalah infeksi bakteri akibat tersumbatnya pori-pori. Masalah jerawat dapat sangat meresahkan terutama pada pemilik kulit sensitif terhadap jerawat atau acne prone. Maka dari itu, pemilik wajah berjerawat harus memilih erawatan wajah yang tepat. Manfaat tea tree oil yang pertama adalah dapat mengatasi jerawat. Manfaat ini didapatkan karena sifat antiinflamasi dan antimikroba dari tea tree oil. Manfaat minyak tea tree untuk jerawat sudah dibuktikan dengan banyaknya produk perawatan kulit untuk mengatasi jerawat yang menggunakan tea tree oil sebagai bahan utamanya.

  3. Melembapkan kulit
  4. Manfaat tea tree oil untuk kulit yang kedua adalah dapat menjaga kelembapan kulit. Kulit yang lembap merupakan kunci dari kulit yang sehat. Jika kulit tidak terjaga kelembapannya, maka kulit juga akan lebih sulit untuk menyerap nutrisi dari skin care yang digunakan. Selain itu, kulit yang kering juga jauh lebih rentan terhadap iritasi dibandingkan dengan kulit yang lembap. Menjaga kelembapan kulit tidak hanya harus dilakukan oleh pemilik wajah kering, tapi juga pemilik kulit wajah berminyak.

  5. Mengatasi infeksi kulit
  6. Maiders, tahu tidak? Ada banyak sekali jenis infeksi pada kulit yang bisa disebabkan oleh iritasi, infeksi bakteri, jamur, atau bahkan virus. Gejala infeki pada kulit yang paling umum adalah gatal pada kulit. Rasa gatal pada kulit tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan, tapi terkadang juga membuat infeksi semakin tersebar karena tidak sengaja menggaruk luka.

    Manfaat tea tree oil lainnya adalah untuk mengatasi infkesi kulit, terutama akibat bakteri atau akibat iritasi. Tea tree oil memiliki efek antimikroba dan antiinflamasi sehingga dapat membantu meredakan gejala infeksi pada kulit seperti eksim. Selain itu, penggunaan tea tree oil juga akan membantu meringantkan rasa gatal yang ditimbulkan oleh infeksi kulit tersebut, bermanfaat sekali bukan?

  7. Mengatasi ketombe
  8. Selain memiliki banyak manfaat untuk kulit, minyak tea tree juga memiliki manfaat untuk rambut yaitu dapat menghilangkan ketombe. Masalah rambut yang satu ini bisa disebabkan oleh produksi minyak kulit kepala yang berlebih, kurang menjaga kesehatan rambut, atau bisa juga akibat aktivitas jamur pada kulit kepala yang berlebihan. Tea tree oil dapat membantu mencegah perkembangan jamur penyebab ketombe. Selain itu, penggunaan sampo dengan tea tree oil juga terbukti dapat efektif menurunkan jumlah ketombe dan tentunya meredakan rasa gatal akibat ketombe.

  9. Mempercepat pertumbuhan rambut
  10. Minyak tea tree ternyata tidak hanya dapat mengatasi masalah ketombe lho Maiders, tapi juga dapat membantu Anda mendapatkan rambut yang lebih panjang dan juga tebal. Manfaat tea tree oil adalah untuk menutrisi akar rambut dan mencegah penyumbatan folikel rambut sehingga rambut dapat tumbuh lebih cepat dan tentunya lebih sehat. Gunakan minyak tea tree sebagai masker rambut. Caranya adalah dengan mencampurkan tea tree oil dengan minyak kelapa, lalu aplikasikan ke seluruh rambut, sambil memijat kulit kepala. Setela itu, bungkus rambut dengan handuk hangat selama 10-20 menit, baru kemudian bilas dengan air bersih.

Cara menggunakan tea tree oil

Maiders, setelah tahu manfaat tea tree oil, selanjutnya Anda perlu tahu juga cara pemakaiannya. Untuk wajah yang berjerawat, teteskan sedikit tea tree oil di atas cotton bud, lalu oleskan di area kulit yang kemerahan atau berjerawat. Biarkan selama beberapa jam atau semalaman supaya kandungannya dapat menyerap dan bekerja dengan maksimal. Keesokan harinya, biasanya jerawat sudah mengempis dan warna kemerahannya memudar. Kondisi kulit pun mereda.

Selain digunakan dengan cara di atas, tea tree oil juga bisa digunakan dengan cara yang lain, yaitu dicampur ke dalam masker dan scrub wajah sebelum Anda aplikasikan pada kulit wajah. Tea tree oil juga bisa Anda teteskan ke jari atau telapak tangan untuk kemudian digunakan sebagai minyak pijat untuk melembapkan kulit wajah.

Setelah mengetahui berbagai manfaat tea tree oil untuk tubuh, apakah Maiders berminat untuk menggunakan minyak esensial atau tree tea oil yang satu ini?

*Sumber: Doktersehat