Jakarta (11/1) – Meskipun pakai kacamata relatif lebih aman, tetapi lensa kontak tetap menjadi primadona karena praktis. Bahkan, sebagian orang pakai lensa kontak setiap hari. Maiders sendiri gimana, setiap harikah memakai lensa kotak? Keamanan penggunaan lensa kontak setiap hari harus sangat diperhatikan.

Sebelum lebih jauh menjawab aman atau tidaknya pakai lensa kontak setiap hari, mari ketahui dulu beberapa jenis lensa kontak.

Jenis-jenis softlens dan kegunaannya

Softlens atau lensa kontak adalah lapisan tipis berbentuk kepingan yang dipasang di mata untuk memperbaiki kualitas penglihatan. Seperti kacamata, softlens dapat mengatasi refraksi mata, atau gangguan penglihatan yang meliputi mata minus (miopi), plus (hipermetropi), serta mata silinder (astigmatisme).

Saat ini, sudah banyak lensa kontak yang tersedia di pasaran dengan jenis dan jangka waktu pemakaian yang bervariasi.

Agar Anda tidak salah pilih, Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah untuk menentukan mana lensa kontak yang sesuai dengan kebutuhan Anda:

  1. Lensa kontak soft
  2. Salah satu jenis lensa kontak yang paling banyak menjadi pilihan orang-orang adalah lensa kontak soft, atau yang lebih dikenal dengan softlens. Ya, softlens adalah istilah yang merujuk ke salah satu jenis lensa kontak.

    Softlens terbuat dari plastik atau silicone hydrogel yang dikombinasikan dengan air. Kadar air dalam softlens inilah yang akan membantu oksigen melewati lensa menuju kornea Anda. Maka itu, banyak yang menyukai softlens karena lebih nyaman saat digunakan, mengurangi risiko mata kering, serta menjaga kornea mata tetap sehat.

    Softlens sendiri terdiri dari berbagai jenis, seperti:

    • lensa harian dengan jangka waktu pemakaian tertentu, misalnya 1 hari, 2 minggu, aau 1 bulan
    • lensa torik, digunakan untuk mengatasi astigmatisme atau mata silinder
    • lensa berwarna atau dekoratif, yang tersedia dengan berbagai pilihan warna

  3. Lensa rigid gas permeable (RGP)
  4. Sesuai dengan namanya, jenis lensa ini jauh lebih kaku (rigid) jika dibandingkan dengan softlens. Lensa RGP biasanya terbuat dari plastik yang digabung dengan bahan-bahan lainnya. Bentuknya memang cenderung kaku, namun lensa ini masih bisa membiarkan oksigen masuk ke mata Anda.

    Lensa RGP umum dipakai untuk mengatasi masalah mata tertentu, seperti mata silinder dan keratokonus (perubahan bentuk kornea mata). Orang-orang yang mudah mengalami alergi lensa kontak juga lebih cocok menggunakan lensa jenis RGP.

  5. Lensa kontak bifokal
  6. Lensa bifokal dikhususkan untuk orang-orang yang mengalami masalah penglihatan rabun dekat dan jauh. Kondisi ini biasanya disebut dengan presbiopi dan lebih umum ditemukan pada usia 40 tahun ke atas.

    Lensa bifokal memiliki kemampuan untuk membantu memfokuskan bayangan dekat dan jauh dalam satu lensa. Lensa ini tersedia dalam bentuk softlens atau RGP.

  7. Lensa kontak sklera
  8. Seperti namanya, lensa jenis ini menutupi hampir seluruh permukaan mata hingga ke bagian yang berwarna putih (sklera). Berbeda dengan lensa kontak pada umumnya, lensa sklera memiliki ukuran yang lebih lebar. Lensa sklera biasanya dikhususkan untuk kondisi-kondisi tertentu, seperti penderita keratokonus atau sindrom mata kering.

    Jika Anda baru pertama kali mulai memakai lensa kontak dan bingung memilih mana yang cocok untuk mata Anda, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mata.

    Apakah boleh penggunaan softlens setiap hari?

    Menurut dr. Andre Zaini dari sehatq Penggunaan lensa kontak bisa digunakan setiap hari. Tapi berapa jam tiap harinya berbeda-beda pada setiap individu. Untuk mereka yang bisa menjaga matanya tetap bersih dan tidak terpapar polusi bisa lebih lama dibanding mereka yang lebih sensitif, terpapar polusi, jorok atau matanya mudah kering. Untuk rata-ratanya sekitar 8-16 jam per hari. Jangan sampai tertidur menggunakan lensa kontak karena akan mengakibatkan mata iritasi dan kering.

    Tapi jenis lensa kontak juga berpengaruh. Kebanyakan lensa kontak tidak boleh digunakan semalaman karena dapat mengakibatkan infeksi. Untuk jenis lensa kontak harian atau sekali pakai dapat digunakan sampai dengan 16 jam namun sebaiknya menyisakan 2-3 jam sebelum tidur tanpa menggunakan lensa kontak. Ada juga yang dibuat untuk penggunaan seharian. Namun pastikan dahulu dengan Dokter Spesialis Mata Anda untuk lebih jelasnya.

    Hal yang perlu Maiders perhatikan adalah pastikan softlens yang telah melebihi masa kedaluwarsanya sudah tidak boleh digunakan lagi, meskipun masih enak untuk dipakai.

    Artinya, jika masa kedaluwarsa lensa Anda misalnya 1 atau 3 bulan setelah dibuka, segera buang ketika sudah melewati waktu tersebut.

    Tujuannya supaya jumlah kotoran yang menumpuk pada lensa tidak terlalu banyak dan kesehatan mata tetap terjaga.

    *Sumber: Hallosehat , sehatq