Jakarta (4/7) – Bersepeda merupakan aktifitas yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, tak jarang bagi semua orang saat weekend memilih sepeda sebagai aktifitas berolahraga. Bersepeda makin menyenangkan dengan dukungan teknologi yang makin canggih. Pegowes bisa menemukan berbagai aplikasi menarik untuk dipakai saat bersepeda.

Ada beberapa Aplikasi dapat memudahkan Anda bagi para pesepeda, selain itu terdapat fitur penghitung jarak, terdapat map yang membantu keberadaan kita, penghitung berapa banyak kalori yang terbakar, dan masih banyak lagi fitur-fitur bermanfaat lainya. Coba cek Playstore atau App Store handphone Anda. Ketik kata kunci “cycling”, dan akan muncul daftar aplikasi yang cocok dengan hobi kalian.

Kalau bingung memilih mana yang paling oke, Maimaid bakal ngasih rekomendasi buat Maiders. Silakan disimak satu per satu ya, Berikut merupakan 6 aplikasi yang wajib ada dismartphone Anda:

  1. Google Maps
  2. Christoper Colombus waktu menjelajah samudera sampai menemukan Benua Amerika saja butuh bantuan navigasi. Pegowes pun sama, pasti memerlukan petunjuk arah untuk jalur-jalur yang masih belum dikenali. Apalagi mereka yang suka touring jarak jauh, pasti akan banyak bergantung pada navigasi.

    Untuk fungsi yang satu ini, Sobat Avelio masih bisa mengandalkan Google Maps. Google Map tersedia sebagai aplikasi bawaan smartphone, terutama Android. Database Google Map mencakup area di seluruh dunia, bahkan sampai menjangkau lokasi-lokasi terpencil. Aplikasi ini bisa dipakai untuk mencari dan menandai lokasi, melihat peta, atau panduan arah.

    Sayangnya Google Maps juga punya kelemahan. Aplikasi ini dapat berfungsi maksimal, tergantung koneksi internet yang kalian dapatkan. Kalau sinyal sedang kacau, bisa jadi data yang disajikan kurang akurat. Dan masalahnya, sering kali petunjuk arah baru menjadi penting ketika kalian berada di wilayah yang miskin jaringan.

  3. Cyclemeter
  4. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur seperti memanfaatkan GPS yang ada pada smartphone anda. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang dapat menghitung berapa kecepatan, berapa jarak yang ditempuh, berapa kalori yang terbakar, tentunya rute yang telah dilewati semua dapat diketahui melalui aplikasi cyclemeter. Aplikasi ini dapat diunduh baik android dan iOS.

  5. Strava
  6. Aplikasi strava memiliki rating 4,5 di Google Play ini, tidak diragukan ragi untuk memasangnya dismartphone anda. Aplikasi ini menyediakan fitur penghitung jarak, penghitung ketinggian, penghitung kalori yang terbakar dan penghitung rute kecepatan. Tak hanya bersepeda, aplikasi ini juga dapat menhitung olahraga seperti berlari, berenang yang dapat dihitung dengan menggunakan gps track. Aplikasi ini dapat diunduh di Playstore maupun Appstore.

  7. Runtastic Road Bike
  8. Bagi kalian pesepeda road bike wajib mengunduh aplikasi ini. Karena aplikasi ini menyediakan fitur-fitur unik seperti menghitung kecepatan, menghitung jarak, menghitung kalori yang terbakar, voice coach, elevasi, dan dapat memantau kemajuan olahraga anda. Selain itu kelebihn aplikasi ini mendukung perangkat cadence meter atau sensor detak jantung. Jadi kita bisa meggetahui detak jantung kita secara real yang ditampilkan dilayar smartphone kita. Dapat diunduh di Playtore dan Appstore.

  9. Map My Ride
  10. Sama seperti aplikasi-aplikasi yang lainya, Map My Ride juga memiliki fitur seperti mengukur kalori yang terbakar, menghitung berapa jarak yang telah kita lalui, mengetahui rute, dan menghitung berapa kecepatan yang telah kita tempuh. Dapat melacak lebih dari 600 kegiatan, jadi tau kemajuan kita setiap bersepeda. Aplikasi ini dapat diunduh di Playstore dan App Store.

  11. Cateye cycling
  12. CATEYE Cycling ™ App untuk Android. Aplikasi ini berfungsi dengan sensor Bluetooth SMART atau dapat digunakan secara langsung dengan smartphone untuk mengukur dan merekam data perjalanan / informasi rute, dan mengunggah data ini ke situs CatEyeAtlas ™, Strava ™ dan TrainingPeaks ™. Mode Cermin dan fitur peringatan panggilan / email dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman berkendara Anda saat Cateye Cycling ™ dipasangkan dengan komputer pintar CATEYE. Dalam Mode Cermin, data dari smartphone dikirim ke komputer pintar CATEYE yang dapat dilihat.

    Ikon panggilan telepon dan peringatan email juga ditampilkan. Komputer pintar dapat bekerja dengan sensor Kecepatan SMART Bluetooth, Irama, Denyut Jantung, dan Power dalam mode ini. Ketika penggunaan ponsel cerdas bukanlah pilihan, Sensor Direct Mode dapat digunakan sebagai cadangan. Mode ini menyinkronkan komputer pintar secara langsung dengan Bluetooth SMART Speed, Irama, Heart Rate, atau sensor Daya.

    Fitur lain termasuk pengaturan cerdas (konfigurasi berbagai pengaturan komputer pintar, penyesuaian jam otomatis), kustomisasi tampilan, penyesuaian jam otomatis, dan pengimporan ringkasan data pengendaraan di Sensor Direct Mode.

Nah itulah beberapa aplikasi dengan fitur-fitur canggih yang dapat memudahkan Maiders untuk bersepeda dan lebih bersemangat lagi untuk bersepeda. Menurut Anda mana aplikasi yang paling canggih dan terkeren?

*Sumber: Polygonbikes