Jakarta (13/9) – Sembilan Bahan Pokok atau sering disingkat Sembako adalah sembilan jenis kebutuhan pokok masyarakat menurut Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 115/MPP/Kep/2/1998 tanggal 27 Februari 1998 (disingkat: “Kepmenperindag 115/1998”). Kementerian Perdagangan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 27/M-DAG/PER/5/2017 tentang Penetapan Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen (“Permendag 27/2017”) yang mulai berlaku pada 16 Mei 2017.

Tentu kamu sudah sering mendengar kata “sembako”, tapi tahukah kamu, sembako itu apa saja? Kesembilan bahan pokok tersebut yakni beras, gula pasir, minyak goreng dan mentega, daging sapi dan daging ayam, telur ayam, susu, jagung, minyak tanah, dan garam beryodium. Aneka jenis sembako ini banyak dijual di warung-warung kelontong, minimarket hingga supermarket besar di mall-mall.

Berikut jenis-jenis sembako untuk kebutuhan sehari-hari:

  1. Beras, Sagu, atau Jagung
  2. Beras adalah salah satu bahan makanan sumber energi sekaligus bahan makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Ini karena beras merupakan sumber energi maupun sumber nutrisi yang lebih baik dibandingkan dengan jenis makanan pokok lainnya. Sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia Timur. Di dalam sagu, terdapat karbohidrat dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu, sagu juga memiliki protein, vitamin, dan mineral, meski jumlahnya tidak banyak. Sedangkan biji jagung memiliki kandungan karbohidrat yang kaya. Selain itu jagung memelukan air dalam perkembangannya yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan padi. Karena itu, di wilayah kering, jagung banyak digunakan untuk sumber makanan pokok pengganti beras padi.

  3. Gula Pasir
  4. Isi selanjutnya dari sembako adalah gula pasir, pemberi rasa manis pada hidangan. Gula pasir atau gula putih telah menjadi bahan makanan pokok dalam berbagai makanan seperti kue, permen, biskuit atau beberapa minuman. Gula putih ini berasal dari tebu dan juga tanaman bit atau umbi-umbian.

  5. Sayur-sayuran dan Buah-buahan
  6. Siapa yang tak mengenal kedua bahan pokok ini? Pasti semua mengetahuinya, dengan jelas semua orang tahu manfaat sayur dan buah sangat baik bagi tubuh. Keduanya juga masuk ke dalam makanan empat sehat lima sempurna, sebagai pemenuh serat dan vitamin bagi tubuh.

    Secara umum, sayur dan buah merupakan sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan bagi tubuh. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan 400 g sayur dan buah per hari, tepatnya 250 g sayur atau setara dengan 2,5 porsi, serta 150 g buah atau setara dengan 3 buah pisang ambon ukuran sedang, 1½ pepaya ukuran sedang, atau 3 buah jeruk ukuran sedang.

  7. Daging Sapi, Ayam, dan Ikan
  8. Daging-dagingan merupakan sumber protein bagi tubuh. Protein yang dikandung dalam daging hewani sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Hal ini karena, jutaan sel dalam tubuh manusia bisa berfungsi karena jumlah protein cukup dan itu yang membuat kamu bisa tetap beraktivitas dengan optimal. Daging sapi memiliki nutrisi seperti protein, lemak, Vitamin B3, B6, B9, dan B12, zat besi, zink, dan selenium.

    Sedangkan itu daging ayam memiliki kandungan nutrisi seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, Vitamin A, D, E, B5, B12, dan K, dan rendah kolesterol. Di dalam daging ikan memiliki nutrisi seperti protein, lemak esensial, Vitamin A, D, E, B6, dan B12, zat besi, seng, zink, selenium, yodium, dan rendah kolesterol.

  9. Minyak Goreng dan Margarin
  10. Minyak goreng sangat memenuhi kebutuhan pangan, karena berfungsi untuk menggoreng hidangan. Sedangkan margarin, dapat menggantikan posisi minyak untuk menggoreng dan bisa digunakan dalam olahan kue. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menyedapkan makanan.

Minyak umumnya terdiri dari lemak tak jenuh, yaitu mono-unsaturated dan poly-unsaturated, sedangkan mentega memiliki rasa asin dan memiliki lemak jenuh lebih dalam bentuk protein mentega dan protein susu dan juga sejumlah air di dalamnya. Sedangkan margarin mengandung lemak jenuh, namun lemak ini sehat untuk jantung. Itulah jenis-jenis sembako yang biasa digunakan untuk ketubuhan sehari-hari, untuk para Maiders terutama Ibu Rumah Tangga, pastinya di musim pandemic ini suka ada rasa mager alias males gerak untuk membeli kebutuhan rumah.

Maiders, tidak perlu khawatir akan hal ini karena sekarang sudah banyak aplikasi yang bisa membeli kebutuhan rumah lho, seperti sayur box, indomaret dlivery dan lain sebagainya. Gimana Maiders, bermanfaat bukan?

*Sumber: Sayurbox