Jakarta (4/4) – Betta fish atau ikan cupang merupakan spesies yang sangat untuk karena membutuhkan perawatan dan makanan yang khusus. Mereka adalah salah satu ikan akuarium paling populer karena warnanya yang cerah dan mudah dirawat. Untuk mempertahankan warna tubuh dan sirip yang cerah, baiknya pemilihan makanan juga perlu diperhatikan.

Ikan cupang adalah ikan yang harus dirawat untuk menjaga kondisi kesehatan ikan agar dapat tumbuh sehat dan memiliki warna yang mempesona. Hal ini harus dijaga dengan memberikan makanan yang kaya akan nutrisi agar warna pada ikan cupang semakin baik.

Apa saja makanan yang cocok dan kaya akan nutrisi pada ikan cupang? Berikut adalah rekomendasi makanan untuk ikan cupang.

  1. Jentik Nyamuk
  2. Sebagai makanan pokok di habitat aslinya, jentik-jentik nyamuk adalah pilihan makanan ikan cupang yang sangat baik. Biasanya pada musim kemarau, nyamuk lebih aktif berkembang biak dan menghasilkan larva atau jentik nyamuk.

  3. Cacing Darah
  4. Cacing darah alias bloodworms adalah larva dari lalat pengusir hama. Ini adalah makanan ikan cupang yang tinggal di alam liar. Cacing darah mengandung zat besi tinggi sehingga dapat menghasilkan warna merah cerah pada tubuh ikan. Jika Anda tidak dapat menemukan cacing darah hidup, beberapa toko hewan peliharaan pun menyediakan cacing ini dalam bentuk gel atau kering.

  5. Lalat Buah
  6. Jenis makanan yang dapat mencerahkan warna tubuh dan sirip ikan cupang selanjutnya adalah lalat buah. Jenis yang bisa digunakan sebagai pakan adalah lalat buah umum yang biasanya ditemukan pada buah di rumah Anda.

    Ada pula jenis lalat buah yang tidak bersayap dan sangat cocok diberikan kepada ikan cupang. Bahkan Anda sendiri bisa membiakkan lalat buah tersebut dalam wadah kecil untuk pakan cupang.

  7. Kutu Air
  8. Sama seperti cacing darah, kutu air memiliki kandungan nutrisi sebagai daya tahan tubuh ikan. Kandungan pada kutu air juga bermanfaat pada warna pada ikan cupang. Itulah beberapa jenis makanan ikan cupang yang baik dan dapat mempercantik siripnya.

  9. Kuning Telur
  10. Selain cacing dan jentik nyamuk, kuning telur juga memiliki makanan yang kaya akan protein yang baik dikonsumsi oleh ikan cupang. Cara memberi makan ikan cupang dengan kuning telur yakni dengan merebusnya terlebih dahulu dan berikan kepada ikan cupang dengan tidak terlalu banyak.

Memberi makan berlebihan adalah kesalahan paling umum yang dilakukan pemilik ikan baru. Pemberian pakan yang berlebih akan menyumbat filter dan dapat terurai menjadi racun yang berbahaya bagi ikan.

Jika sumber makanan banyak, mereka akan makan beberapa kali dalam sehari. Di sisi lain, jika sumber makanan langka, mereka tidak akan makan terlalu banyak.

Artinya, ketika ikan di akuarium diberikan makanan banyak, mereka akan melahapnya meskipun tidak kelaparan.

*Sumber: Maimaid Team