Jakarta (5/4) – Secara umum dalam membesarkan anak perempuan atau laki-laki memang sama, namun untuk anak perempuan diperlukan pendekatan yang lebih unik. Ini karena kelak saat dewasa mereka juga akan mendidik anak-anaknya yang akan menjadi generasi muda berkualitas di Tanah Air.

Satu hal yang penting untuk dilakukan di awal adalah menyepakati pola didik untuk anak antara ibu dan ayah. Dengan begitu akan terjadi sinergi yang baik sehingga buah hati Maiders tumbuh menjadi pribadi dewasa yang berhasil dan membanggakan.

Konon cara mendidik anak perempuan remaja dianggap penuh tantangan karena mereka tengah dalam tahap pencarian jati diri. Pada kondisi tersebut Maiders perlu memahami kondisi psikisnya dan membuatnya mempercayai Anda.

Bagaimana sih caranya membentuk anak menjadi pribadi yang tangguh? Berikut tim Maimaid akan memberi tahukan 5 cara membuat anak menjadi pribadi yang tangguh dan membanggakan.

Baca juga: Pelajaran Hidup Tanpa Sadar Diajarkan Setiap Anak Pada Orangtuanya

  1. Menjadi panutan terbaik untuk anak
  2. Anak adalah peniru yang baik, Maiders, dan pastikan mereka mendapatkan teladan yang sempurna dari Anda. Bagaimana cara bersikap, tingkah laku orang tua, cara memperlakukan orang lain, sampai penampilan sehari-hari akan menjadi referensi bagi putri Anda. Karena itu Maiders, sebaiknya berusaha semaksimal mungkin agar buah hatinya hanya melihat yang baik-baik saja pada Anda.

  3. Berikan dukungan
  4. Mendidik anak menjadi pemberani tidak bisa terjadi secara instan. Sebagai tahap awal, Maiders bisa memberi dukungan lewat cara-cara sederhana. Misalnya ketika Si Kecil mulai tertarik pada taekwondo, namun ia masih takut memulainya, cobalah ajak anak untuk setidaknya pergi ke tempat latihan lebih dahulu.

    Dengan cara ini, Maiders memberi kesempatan bagi anak untuk bisa melihat seperti apa situasi latihan taekwondo, sehingga ia tidak begitu saja menyerah.

  5. Mengajarkan anak untuk menyelesaikan masalah
  6. Pemecahan masalah merupakan keterampilan yang tidak hanya melatih pikiran untuk berpikir, tetapi juga memperkenalkan bahwa masalah dan rintangan dapat diatasi atau dipecahkan. Cara melatih anak untuk menyelesaikan masalah adalah dengan melibatkan anak dalam permainan teka-teki.

  7. Dorong anak untuk bersosialisasi
  8. Cara mendidik anak menjadi pemberani selanjutnya adalah dengan mengajak Si Kecil untuk menjangkau lingkungan sosialnya. Jika mereka masih takut memulainya, cobalah untuk lebih sering mengajaknya berkumpul dengan teman-teman atau kerabat terdekat. Keberanian memulai interaksi ternyata juga sangat mendorong anak menjadi pemberani, lho.

  9. Membentuk anak perempuan menjadi pribadi mandiri
  10. Secara alami anak perempuan biasanya lebih manja dan ini perlu disikapi dengan baik agar tidak selalu mengandalkan orang lain. Strategi yang dapat Anda coba adalah mengajarkan tentang tanggung jawab sejak kecil dengan memberi tugas di rumah sesuai usianya. Selain itu Maiders, juga perlu membiasakan mereka mengurus kebutuhannya sendiri, misalnya mandi, berpakaian, makan, dan menyiapkan keperluan sekolah sendiri.

Dunia semakin berkembang dan sekarang siapa pun mempunyai peluang yang sama untuk meraih cita-cita dan posisi dalam masyarakat sesuai ambisinya. Gender tidak lagi menjadi prioritas, karena perempuan juga mampu memiliki kompetensi dan kecakapan yang sama dengan pria.

Itulah cara membuat anak perempuan menjadi pribadi yang tangguh demi kebaikan masa depannya. Selamat mencoba cara-cara tersebut, Maiders! Semoga anak menjadi pribadi yang tangguh di masa depan.

*Sumber: Maimaid Team