Jakarta (24/10) – Sejarah berdirinya Kota Tasikmalaya sebagai daerah otonomi tidak terlepas dari sejarah berdirinya kabupaten Tasikmalaya sebagai daerah kabupaten induknya. Maka rangkaian sejarah ini merupakan bagian dari rangakaian perjalanan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya sampai terbentuknya Pemerintah Kota Tasikmalaya. Pada waktu A. Bunyamin menjabat sebagai Bupati Tasikmalaya tahun 1976 sampai dengan 1981 tonggak sejarah lahirnya kota Tasikmalaya dimulai denngan diresmikannya Kota Administratif Tasikmalaya melalui peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 1976 oleh Menteri Dalam Negeri H. Amir Machmud.

Periwtiwa ini di tandai dengan penandatangan Prasasti yang sekarang terletak di depan gedung DPRD Kabupaten Tasikmalaya. Pada waktu yang sama dilantik pula Walikota Administratif Pertama yaitu Drs. H. Oman Roosman oleh Gubernur KDH Tingkat I Jawa Barat H. Aang Kunaefi. Pada awal pembentukannya, wilayah kota Administratif Tasikmalaya meliputi 3 Kecamatan yaitu Cipedes, Cihideung dan Tawang dengan jumlah desa sebanyak 13 desa.

Undang-undang Nomor 10 Tahun 2001 tentang Pembentukan Kota Tasikmalaya, telah mengantarkan Pemerintah Kota Administratif Tasikmalaya melewati pintu gerbang Daerah Otonomi Kota Tasikmalaya untuk menjadi daerah yang mempunyai kewenangan untuk mengatur rumah tangga sendiri.

Pembentukan Pemerintah Kota Tasikmalaya tak lepas dari peran serta semua pihak maupun berbagai steakholder di daerah Kota Tasikmalaya yang mendukung pembentukan tersebut.

Tentunya dengan pembentukan Kota Tasikmalaya harus ditindak lanjuti dengan menyediakan berbagai prasarana maupun sarana guna menunjang penyelenggaraan Pemerintah Kota Tasikmalaya.

  1. Trasportasi Umum Jakarta –Tasikmalaya
  2. Maiders, untuk menuju kalian yang ingin ke Tasikmalaya tidaklah sulit, kalian bisa mengunakan trasportasi darat seperti Bis antar provinsi ataupun kereta antar provinsi. Untuk biaya transportasinya pun bervariatif loh maiders tingal disesuaikan dengan budget yang maiders miliki, kali ini kami ber 3 mengunakan transportasi kereta antar provinsi ya maiders. Buat maiders yang ingin berpergian keantar provinsi diharap sudah melakukan pengecekan kesehatan seperti rapid test dan mempersiapkan kebutuhan dimasa new normal, seperti memakai masker dan face shield, membawa peralatan makan sendiri, handsanitizer/antiseptic dan peratalan ibadah sendiri. Dan dibawah ini rincian biaya yang kita keluarkan untuk transportasi ketasikmalaya ya maiders.

    *Tiket kereta = Jakarta –Tasikmalaya : Rp. 63.000 (Per orang/Dewasa)
    *Include PP Kereta Jakarta – Tasikmalaya dan Tasikmalaya – Jakarta Rp.393.000 (Untuk 3 orang)
    *Biaya Rapid test distasiun Rp. 85.000 (Per orang)

  3. Tempat penginapan
  4. Hotel Mangkubumi Indah di Tasikmalaya Jawa Barat adalah salah satu tempat penginapan dan wisata yang berada di Jl. Jendral AH. Nasution KM. 7, Mangkubumi, Tasikmalaya, Jawa Barat 46181, Indonesia. Hotel Mangkubumi Indah di Tasikmalaya Jawa Barat adalah penginapan dan wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Hotel Mangkubumi Indah di Tasikmalaya Jawa Barat sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan maiders loh, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya.

    Keindahan Obyek Wisata dan hotel Taman Mangkubumi Indah di Tasikmalaya Jawa Barat ini sangatlah baik bagi maiders semua yang berada di dekat atau di kejauhan. untuk merapat mengunjungi tempat Obyek Wisata serta penginap Mangkubumi Indah di Tasikmalaya Jawa Barat di kota Tasikmalaya.

  5. Alun-alun Tasikmalaya
  6. Obyek Wisata Alun Alun Tasikmalaya di Tasikmalaya Jawa Barat adalah salah satu tempat wisata yang berada di Jl. Otto Iskandardinata, Empangsari, Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat 46113, Indonesia.Obyek Wisata Alun Alun Tasikmalaya di Tasikmalaya Jawa Barat adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

    Sangat di sayangkan jika maiders berada di kota tasikmalaya tidak mengunjungi wisata alun-alun yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut. Obyek Wisata Alun Alun Tasikmalaya di Tasikmalaya Jawa Barat sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan maiders, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya.

  7. Situ gede
  8. Kalian pernah mengunjungi waduk atau danau? Tidak perlu jauh-jauh datang ke Sumatera Utara untuk mengunjungi Danau Toba, di Provinsi Jawa Barat, ada satu tempat wisata bertemakan air yang cukup terkenal dengan cerita sejarahnya yang berkembang hingga beberapa tempat di Jawa Barat. Uniknya, cerita tersebut saling berkaitan dengan rentetan cerita-cerita yang unik dan menarik. Inilah objek wisata Situ Gede Tasikmalaya.

    Tidak diragukan lagi, kabupaten yang menyimpan banyak wisata danau ini, memiliki pesona tersendiri. Anda yang ingin berwisata dengan menaiki kapal namun tidak ingin jauh-jauh pergi ke pantai, Situ Gede Tasikmalaya. Tasikmalaya kini sedang berbenah dan gencar mempromosikan beberapa tempat sebagai wisata andalan. Beberapa tempat wisata yang sedang digarap oleh pemerintah diantaranya Pantai Cipatujah dan dua curug yang sedang mulai populer yaitu Curug Dengdeng dan Curug Sawer Mandalamekar. Tempat wisata di Tasikmalaya tersebut mempunyai view dan keindahan masing-masing.

  9. Rajapolah
  10. Berkunjung ke Tasikmalaya, tidak lengkap rasanya jika tidak bawa oleh-oleh khas daerah ini. Tapi apa ya kira-kira yang pas untuk kenang-kenangan dan hadiah untuk kerabat? Jika maiders belum ada ide akan membawa oleh-oleh apa dari Tasik, mungkin maiders perlu untuk berkunjung ke Sentra Kerajinan Rajapolah. Rajapolah sendiri sebenarnya merupakan nama salah satu kecamatan yang dikenal sebagai pusat industri rumahan untuk kerajinan anyaman dan kompor. Lokasinya terletak kurang lebih 12 km di sebelah utara Tasikmalaya.

    Disepanjang jalan kecamatan, kios-kios handicraft bertebaran menjajakan produk khas yang hamper semuanya handmade. Banyak jenis produk souvenir dan aksesoris unik yang bisa menjadi pilihan Maiders loh, mulai dari tas anyaman, dompet, miniatur becak, miniatur mobil, tempat pensil, gelang dan masih banyak lagi. Selain unik, produk kerajinan yang dijual disini dikenal murah dan cukup awet.

  11. Galunggung
  12. Destinasi selanjutnya yang wajib maiders kunjungi adalah Wisata di kawasan Gunung Galunggung. Gunung galunggung sepertinya sudah mendapat perhatian yang baik dari pemerintah setempat. Jalur menuju Kawah Galunggung misalnya, Guna menyaksikan kawah dari atas, para pengunjung sudah disediakan tangga permanen yang bisa digunakan untuk mencapai puncak. Sebanyak 620 buah anak tangga harus ditapaki. Melelahkan memang, tetapi sesampainya di sini, maiders akan takjub dengan bentang alam kawah yang dapat disaksikan secara sempurna dari atas. Di bagian bibir kawah, juga terdapat lokasi yang kerap dijadikan tempat kamping oleh para pendaki. Jika maiders ingin menyaksikan kawah dari jarak yang lebih dekat bisa banget loh gunung galung jadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungin. Maiders tertarik ?

  13. Mesjid Agung Tasikmalaya
  14. Tasikmalaya memang terkenal atau identik dengan yang namanya kota santri. Namun tidak hanya itu, jika Anda berkunjung ke Kota Tasikmalaya, Anda pasti akan menemui sebuah masjid megah, mewah, dan luas yang berada tepat ditengah – tengah jantung Kota Tasikmalaya. Anda akan melihat sebuah masjid megah dengan luas tanah yang mencapai 7.215 meter persegi dengan luas bangunan 2.456 meter persegi. “ Masjid Agung Tasikmalaya“ itulah nama dari masjid yang terletak sangat strategis ditengah – tengah persimpangan antara Jl. K.H. Z Mustofa, Jl. Dr. Soekarjo, Jl. Yudanegara, dan juga Jl. Otto Iskandar Dinata.

*Sumber: Maimaid Team