Jakarta (9/8) – Perjalanan tak selalu manis rasanya. Kadang, ada saja hal-hal yang membuat kita merasa tidak nyaman, salah satunya adalah gejala mabuk perjalanan yang identik dengan perasaan mual, pusing, keringat dingin, hingga muntah.

Lalu, mengapa kita bisa mual, pusing, dan keringat dingin hingga muntah saat berada dalam kendaraan? Mabuk perjalanan terjadi akibat ketidakmampuan otak menerima dengan baik campuran sinyal dari beberapa anggota tubuh.

Dalam suatu perjalanan, mata dapat melihat ke arah yang berbeda dengan yang dirasakan otot dan sendi. Ditambah lagi, telinga bagian dalam yang berisi cairan untuk mengatur keseimbangan tubuh, akan merasakan adanya goncangan ketika kendaraan sedang melaju.

Ketiga sinyal ini akan dikirim ke otak, namun otak tidak mampu memproses dengan baik sinyal-sinyal yang berbeda tersebut.Hal ini membuat kerja otak menjadi kacau dan timbul keluhan mabuk perjalanan.

Berikut ini faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko mabuk perjalanan:

  • Bermain gadget atau membaca buku di dalam kendaraan.
  • Kurang istirahat.
  • Perubahan hormonal karena kondisi-kondisi tertentu, seperti sedang menstruasi, hamil, atau menggunakan pil KB.
  • Menderita gangguan keseimbangan tubuh, misalnya migrain.
  • Memiliki riwayat mabuk perjalanan.

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan, Agar Perjalananmu Tetap Menyenangkan

Mengalami mabuk perjalanan memang sangat tidak menyenangkan. Selain membuat diri kamu merasa tersiksa, perjalanan yang kamu lakukan tentu menjadi tidak menyenangkan. Namun, ada cara yang bisa kamu lakukan kok untuk mencegah dan mengatasi mabuk perjalanan. Ini dia selengkapnya!

  • Hindari Makan yang Terlalu Kenyang
  • Hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai perjalanan adalah kondisi perut. Mengisi perut sebelum perjalanan memang perlu banget nih, sobat tiket. Namun, jangan sampai berlebihan dan membuat kamu jadi kekenyangan ya.

    Karena, guncangan dari kendaraan biasanya bisa membuat kamu merasa mual dan pusing.Sehingga mabuk perjalanan bisa kamu alami, dan membuat perjalanan yang kamu lakukan terasa tidak menyenangkan.

    Apalagi kalau kamu akan pergi untuk berlibur. Tentu bisa menjadi hal pemicu liburan kamu jadi kurang berkesan.

  • Minum Obat Anti Mual/Anti Mabuk Perjalanan
  • Kamu tentu lebih memahami diri kamu sendiri dong, sobat tiket? Jadi, kalau kamu merasa sering mengalami mabuk perjalanan, maka cara mengatasi mabuk perjalanan yang utama adalah dengan meminum obat anti mual atau anti mabuk.

    Dengan begitu, selama perjalanan kamu akan tertidur dan tidak merasakan mabuk perjalanan. Sedangkan untuk kamu yang jarang sekali mengalami mabuk perjalanan, siapkan obat anti mabuk bisa menjadi cara terbaik, siapa tau kejadian ini akan kamu alami saat di perjalanan.

  • Makan Makanan Ringan
  • Apabila kamu mual dan muntah saat di perjalanan, maka mengkonsumsi air mineral jangan sampai terlupa ya, sobat tiket. Karena setelah muntah, tubuh kamu akan kekurangan cairan dan bisa berakibat dehidrasi. Dengan meminum air mineral dengan cukup, maka bisa mengembalikan kondisi tubuh kamu.

    Makan makanan ringan juga bisa membantu kamu untuk mengisi kembali perut yang kosong dan tidak memicu mual atau muntah kembali.

  • Pejamkan Mata, dan Istirahat Sejenak
  • Cara mengatasi mabuk perjalanan ketika kamu sudah merasakan mual dan pusing, maka memejamkan mata dan istirahat sejenak menjadi cara terbaik untuk menguranginya. Pastikan posisi kepala berada di posisi stabil agar tidak membuat kamu semakin pusing ya, Maiders.

  • Makan Permen
  • Mengkonsumsi permen selama perjalanan tentu dapat membantu kamu mengurangi rasa mual. Hal ini dikarenakan permen dapat menekan produksi asam lambung dan rasa mual yang diakibatkan oleh mabuk perjalanan.

    Kamu bisa memilih jenis permen dengan rasa mint ataupun buah-buahan seperti jeruk, lemon, atau stroberi. Cara mengatasi mabuk perjalanan dengan memakan permen ini cukup ampuh lho, Maiders.

Itulah cara agar perjalanan kamu tidak mabuk ya, Maiders. Istirahat bisa menjadi pilihan terbaik agar tubuh kamu merasa lebih rileks akibat perjalanan panjang yang kamu tempuh.

Mengobrol juga ampuh lho dijadikan sebagai cara mencegah mabuk perjalanan. Tidak hanya mabuk perjalanan, namun mabuk saat berkendara juga seringkali terjadi, Maiders.

*sumber: tiket.com