Jakarta (19/10) – Bagi hampir semua perusahaan atau bisnis pastinya mempunyai sebuah misi, terutama untuk bisnis jasa, terdapat banyak strategi untuk membuat sebuah bisnis sukses. Selain strategi pemasaran yang handal, sebuah bisnis juga membutuhkan pelayanan prima sehingga dapat memperoleh pelanggan baru dengan berbagai cara agar mereka nyaman dan senang.

Tapi, apakah yang dimaksud dengan pelayanan yang prima dan bagaimana mendapatkannya dalam sebuah bisnis? Pelayanan prima atau juga dikenal dengan excellent service adalah upaya sebuah instansi, organisasi atau usaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan.

Mengapa pelayanan prima penting dalam sebuah bisnis?

Pelayanan prima merupakan salah satu kunci penting dalam menjalankan sebuah bisnis, terutama untuk bisnis jasa. Saat ini banyak perusahaan yang menjual produk atau jasa yang serupa, namun pelayanan yang diberikan berbeda. Dan hal inilah yang dapat membedakan satu perusahaan dengan perusahaan yang lain.

Salah satu tujuan dari memberikan pelayanan yang prima adalah memberikan kepuasan terhadap pelanggan. Apabila pelanggan puas dan senang terhadap pelayanan yang diberikan, maka mereka akan berpotensi menjadi pelanggan tetap atau loyal terhadap perusahaan.

Jika pelanggan merasa puas dan senang, maka tidak menutup peluang pelanggan tersebut merekomendasikan tempat tersebut kepada orang lain. Cara ini tentunya akan memberikan manfaat kepada perusahaan dan berpotensi memberikan tambahan income.

Baca juga: Maimaid hadirkan layanan customer handling apa itu

10 Cara untuk Menghadirkan Pelayanan Prima Dalam Bisnis

Berikut adalah beberapa tips dan cara mudah untuk bisa memberikan pelayanan prima dalam sebuah bisnis:

  1. Sikap & Sapaan ramah
  2. Salah satu cara mudah memberikan pelayanan prima dalam sebuah bisnis adalah dengan menerapkan sapaan ramah kepada pelanggan. memberikan Sikap & Sapaan Ramah menjadi awal yang baik dalam mencapai pelayanan prima.

  3. Batasan waktu pelayanan
  4. Cara membuat pelanggan puas dan senang adalah dengan memberikan waktu tunggu yang tidak panjang. Oleh karena itu, berikanlah batasan waktu pelayanan, Batasan ini bisa diinformasikan kepada pelanggan atau bisa dijadikan sebagai aturan internal saja.

  5. Responsif
  6. Pastikan bahwa di dalam bisnis memiliki kebiasaan yang bersifat dan bersikap responsif jika ada suatu masalah. Jangan membuat pelanggan menunggu terlalu lama ketika membutuhkan sesuatu.

  7. Survei dan evaluasi
  8. Salah satu cara untuk melihat apakah pelayanan yang diberikan sudah memuaskan atau belum, dengan diadakan survei atau kuesioner kepada para pelanggan. Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan pelayanan dan mendapatkan kepuasan pelanggan.

  9. Penampilan terbaik
  10. Penampilan sangat di perlukan dalam mengahadirkan Pelayanan Prima kepada para pelanggan, karena dengan penampilan terbaik tentu dapat meyakinkan pelanggan bahwa layanan yang diberikan merupakan Pelayanan Prima.

  11. Melayani sepenuh hati
  12. Menjadi pendengar yang baik yaitu selalu bersikap bijak saat mendengarkan keluhan atau masalah dari pelanggan. Berikanlah solusi yang bisa menyenangkan agar pelanggan anda merasa nyaman.

  13. Pengetahuan dan keterampilan
  14. Memiliki pengetahuan dan keterampilan yang baik dalam bidang pelayanan. Karena dengan pengetahuan dan keterampilan yang baik maka akan mendapatkan kepuasan pelanggan.

  15. Tepat waktu
  16. Tepat Waktu merupakan salah satu kunci dalam Pelayanan Prima karena pelanggan ingin pelayanan yang cepat dan akurat.

  17. Kejujuran dan kepercayaan
  18. Dalam melakukan pelayanan harus memiliki aspek kejujuran dalam segala hal, baik itu jujur dalam bentuk aturan, jujur dalam bentuk pembiayaan dan jujur dalam menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya.

  19. Efesien & efektif
  20. Pelayanan kepada pelanggan harus efesien dan efektif, karena pelanggan menuntut hal-hal tersebut. Sehingga dapat menghasilkan biaya murah, waktu singkat dan tepat, serta hasil dari pelayanan yang berkualitas. Oleh karena itu Efesien & Efektif merupakan hal yang harus di wujudkan dan harus menjadi perhatian serius dalam melakukan pelayanan.

Baca juga: Apa saja sih kelebihan Maimaid

Kesimpulan

Sepuluh cara di atas adalah cara sederhana yang bisa membuat perusahaan atau bisnis membuat pelanggannya lebih puas. Semakin puas pelanggan, semakin besar pula potensi perusahaan mendapat pemasukan yang lebih baik. Jika itu sudah terjadi, langkah selanjutnya adalah Anda mencatat semua keuntungan dan pengeluaran secara terperinci pada pembukuan yang benar. Dengan adanya penilaian kepuasan pelanggan kita dapat mengetahui kebutuhan yang diinginkan para pelanggan.

Perusahaan pun akan lebih mengetahui apa saja kekurangan-kekurangan selama ini dan bagaimana cara untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan. Hal ini juga akan berpengaruh pula terhadap omset penjualan produk. Untuk itu berikan pelayanan prima bagi setiap pelanggan Anda, agar mereka merasa senang dan nyaman dengan produk kita.

Pelayanan prima juga bisa dilihat dari kecepatan Anda dalam menangani para konsumen, Pelayanan yang cepat pun harus didukung dengan sistem otomasi misalnya saja konsumen atau pelanggan ingin pesan Pekerja Rumah Tangga. Jika konsumen atau pelanggan sedang mencari PRT maka, Anda harus melayanani dengan profesional serta mewarkan layanan produk keunggulan seperti garansi tanpa batas dan bebas biaya admin dalam mengambil PRT, Anda bisa tawarkan produk ini ke konsumen dengan pesan melalui website www.maimaid.id.

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan yaitu, pelanggan yang kurang puas dengan suatu produk tidak akan membeli ataupun menggunakan lagi produk yang kita tawarkan. Selain itu pelanggan yang kurang puas juga dapat menceritakan kepada konsumen lain tentang keburukan produk yang mereka dapatkan, sehingga dapat menimbulkan citra buruk di kalangan para konsumen. Untuk itu perlu adanya strategi meningkatkan kepuasan pelanggan.

Maka, ada beberapa cara dan teknik pengukuran tingkat kepuasan pelanggan dari yang sederhana sampai pada yang sangat kompleks. Tinggal menyesuaikan dengan tingkat keakuratan perusahaan dalam mengukur kepuasan pelanggan, seperti yang sudah di informasinya di atas.

Semoga tips dan trik ini dapat membantu Anda ya, Maiders.

*Sumber: Maimaid team