Jakarta (21/6) – Bagi kamu yang sibuk bekerja dan sepanjang minggu selalu meninggalkan rumah serta menghabiskan waktu di kantor, maka hari Minggu tentu akan menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu, bukan? Hari Minggu menjadi hari libur, hari istirahat, dan mungkin menjadi hari paling favorit di dalam hidup kamu. Hal ini tentu sangat wajar, sebab seharian kamu bisa menghabiskan seluruh waktu kamu untuk melakukan berbagai hal yang tidak sempat dilakukan di hari lainnya.

Sebagian orang mungkin cukup beruntung, sebab mendapatkan libur sejak hari Sabtu, artinya mereka hanya bekerja selama 5 hari dalam sepekan. Namun meski kamu hanya memiliki hari libur di hari Minggu saja, kamu tetap bisa memanfaatkannya dan menikmatinya dengan sebaik-baiknya. Simak beberapa poin di bawah ini, yang bisa kamu lakukan untuk membuat hari Minggu menjadi bermanfaat, produktif dan lebih menyenangkan dari biasanya.

  1. Jangan Habiskan Waktu di Tempat Tidur
  2. Agar di hari Minggu produktif kamu tidak berlalu begitu saja, jangan hanya menghabiskan waktumu di tempat tidur saja. Walaupun ini hari libur, namun bukan berarti kamu harus bermalas-malasan sepanjang hari di tempat tidur. Mulailah bangun tidurmu dengan hati yang senang dan semangat, karena tentu di hari Minggu kamu tidak perlu masuk kerja kan?

    Kamu bisa memulainya dengan menikmati sarapan pagimu tanpa harus berkali-kali melihat jam. Atau kamu juga bisa melakukan jalan pagi sambil menikmati udara yang segar di pagi hari.

  3. Jangan Gunakan untuk Bekerja
  4. Meskipun hari Minggumu tetap harus produktif, bukan berarti kamu harus membawa pekerjaan mu ke rumah dan bekerja di hari liburmu. Bagaimanapun juga tubuhmu butuh istirahat, maka manfaatkan lah hari liburmu dengan istirahat yang cukup. Agar ketika kamu memulai aktifitasmu di hari Senin, tubuhmu menjadi bugar dan kamu pun akan semangat dalam bekerja.

  5. Jauh-Jauh dari Gadgetmu
  6. Mulailah untuk mengurangi penggunaan gadget, khusunya di hari liburmu. Walupun sulit, tetapi kamu harus mencobanya dari sekarang, Sobat! Daripada kamu hanya menghabiskan waktu dengan gadgetmu, lebih baik manfaatkan hari minggu kamu dengan kegiatan lain yang lebih produktif kan. Penggunaan gadget yang terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatanmu.

  7. Luangkan Waktu dengan Orang-Orang Terdekat
  8. Berkumpul bersama orang-orang yang kamu cintai adalah salah satu kegiatan yang tidak boleh kamu lewatkan disaat hari Minggu. Pasalnya, ini waktu yang pas untuk berkumpul dengan keluarga, sahabat, atau bisa juga dengan orang-orang terdekat lainnya. Selain mampu membuat hati kamu bahagia. Kedekatan kamu dengan orang-orang yang kamu cintai akan semakin harmonis.

  9. Berolahraga
  10. Di hari-hari sibukmu, jangankan untuk berolahraga. Sudah bisa berangkat kerja tepat waktu saja kadang masih sulit untuk dilakukan. Nah, di hari Minggu ini kamu bisa menggunakannya untuk berolahraga. Kegiatan positif ini mampu membuat tubuh kamu semakin sehat dan pikiran akan semakin siap menghadapi hari Senin dan pekerjaan yang menanti kamu.

  11. Lakukan Hal yang Kamu Sukai
  12. Setiap orang tentu memiliki hobinya masing-masing. Namun, terkadang tidak semua orang memioliki waktu untuk menikmati hobinya tersebut, mungkin kamu adalah salah satunya. Untuk itu, hari Minggu adalah hari yang tepat untuk melakukan hobi yang bisa membuatmu bahagia dan lebih bersemangat menghadapi hari berikutnya. Akan lebih menyenangkan jika kamu melakukannya bersama orang terdekatmu.

  13. Menikmati Waktu Sendiri
  14. Sesekali ada baiknya kamu menghabiskan hari Minggu dengan sendirian saha. Hal ini akan memberikan kamu waktu dan juga kesempatan untuk dirimu lebih santai atau melakukan berbagai hal yang ingin kamu lakukan sendiri saja. Kamu bisa berpergian atau sekedar diam dan istirahat di rumah. Menikmati waktu sendiri dengan membersihkan kamar tidur akan membuatmu jadi lebih santai. Sehingga kamu memiliki waktu yang benar-benar kamu habiskan untuk diri sendiri sepanjang hari Minggu.

  15. Pergi Berwisata
  16. Kamu bisa melakukan perjalanan wisata ke tempat yang jauh atau bahkan ke luar kota. Jika kamu malas melakukan perjalanan jauh, kamu bisa berwisata ke tempat-tempat terdekat yang mudah dijangkau kok. Ini tentu akan membuat kamu merasa lebih rileks dan berenergi di awal pekan ketika kamu kembali pada rutinitas harianmu. Terkadang kita memang membutuhkan istirahat sejenak untuk menikmati suasana berbeda dari biasanya. Ajaklah keluarga atau teman-teman kamu, agar perjalananmu lebih menyenangkan dan berkesan untuk kamu.

Maiders, mulai sekarang buatlah hari minggu kamu lebih berkualitas ya, karena akan selalu ada banyak hari Minggu sepanjang tahun, namun berapa hari Minggu kamu yang berkualitas dan menyenangkan untuk dirimu sendiri. Meski begitu simpel, sebaiknya kamu tetap memiliki rencana untuk setiap hari Minggumu.

Lakukan hal yang menyenangkan, berbagai kegiatan yang membuat kamu memiliki hari Minggu yang berkualitas bersama orang-orang terdekatmu. Apapun rencana hari Minggu kamu, pastikan kamu bahagia saat menjalaninya.

Sekian dulu ya, selamat berakhir pekan

*sumber: tunaikita