Jakarta (17/10) – Kota Sukabumi merupakan suatu wilayah di Jawa Barat yang mengalami perkembangan pesat dibandingkan daerah lainnya. Walaupun saat ini Sukabumi dalam keadaan New Normal, wisata di Sukabumi tetap didatangi pengunjung dari berbagai daerah. Membentang di pesisir barat daya dan selatan Provinsi Jawa Barat, Sukabumi menyimpan banyak potensi yang dapat membuat pelancong betah berlama-lama di sini. Bentangan daerahnya yang beragam dari dataran tinggi dan pegunungan, sampai pantai-pantai indah menjadikan tempat ini destinasi liburan akhir pekan favorit sebagian warga ibukota.

Objek wisata di Sukabumi cukup beragam, mulai dari Situ Gunung, Pantai Karang Hawu, Geyser Cisolok, Puncak Habibi, Kampung Nelayan dan beberapa tempat bersejarah seperti Panilasan Nyi Roro Kidul dan Makam Keramat Gunung Mulya. Nah, Maiders, buat kamu yang saat ini sedang mencari destinasi tempat berlibut yang lengkap dengan pemandangan alam pantai dan pegunungan, Maimaid akan memberikan tips dan trick menjelajahi Sukabumi dengan budget kurang dari 2jt. Nah penasaran kan? Simak terus artikel ini ya..

  1. Variasi Transportasi Umum Jakarta – Sukabumi
  2. Maiders, tidak perlu khawatir jika ingin menuju Sukabumi namun tidak memiliki kendaraan pribadi, Maiders akan diberikan dengan beberapa pilihan Transportasi Umum dari Jakarta – Sukabumi. Namun kali ini Transportasi Umum yang dipilih adalah Bis Antar Kota Bogor – Sukabumi dan L300. Pertama Maiders akan menggunakan KRL Commuter Line terlebih dahulu untuk menuju Stasiun Bogor, setiba di Stasiun Bogor jalan sebentar kedepan ya untuk mendapatkan Angkutan Umum dengan jurusan Stasiun Bogor – Terminal Baranangsiang dan silahkan mencari L300 dengan jurusan Bogor – Sukabumi. Oh iya, dimasa New Normal / Adaptasi Kebiasaan Baru jangan lupa selalu memakai masker, face shield dan membawa handsanitizer/antiseptic ya Maiders, hal ini dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19. Sebelum berangkat ada baiknya Maider melakukan Rapid Test/Swab Test terlebih dahulu ya.

    *Tiket KRL Commuter Line Jakarta – Bogor = Rp. 8.000,-

    *Angkutan Uumu Jurusan Stasion Bogor – Terminal Baranangsiang = Rp. 5.000,-
    *L300 Bogor – Sukabumi = Rp. 35.000,-
    *Note; Harga dapat berubah sewaktu-waktu

  3. Situ Gunung, Taman Nasional Gede Pangrango
  4. Objek Wisata Situ Gunung adalah objek wisata yang menjadi salah satu primadona bagi seluruh masyarakat Jawa Barat khsususnya Sukabumi. Untuk menuju kesini, Maiders dapat menggunakan angkutan umum berwarna merah dari Alun – Alun Cisaat sampai depan gerbang Taman Nasional Gede Pangrango. Situ Gunung Berada di ketinggian 850 Mdpl, membuat Situ Gunung menjadi kawasan favorit untuk dikunjungi. Apalagi, pepohonan menjulang tinggi sehingga, menambah rasa nyaman dan menyenangkan. Hati terasa damai, pikiran menjadi fresh, kondisi hati dan jiwa pun seakan lebih bugar dari biasanya. Di dalam kawasan Situ Gunung, Taman Nasional Gede Pangrango terdapat beberapa objek wisata yang dapat dikunjungi, yaitu Jembatan Gantung Situ Gunung yang sangat fenomenal dan Curug Sawer yang saat ini masih sangat dijaga kelestariannya.

    Meskipun pesona air terjun Curug Sawer di kenal dengan aroma mistisnya, namun tidak menghadirkan rasa takut, melainkan rasa takjub luar biasa. Debit air yang tinggi, deras menambah eloknya alam Sukabumi ini. Nah selama New Normal ini, Situ Gunung sangat ketat sekali dengan protokol kesehatan yang sangat lengkap. Maiders akan menemukan poster mengenai physical distancing, wastafel di berbagai sudut sebelum memasuki antrian, petunjuk antrian dan alat pengecek suhu tubuh yang sudah sangat modern. Maiders juga akan mendapatkan welcome drink berupa tea atau kopi dan welcome snack berupa pisang rebus & singkong.

    Tiket Masuk Situ Gunung, Taman Nasional Gede Pangrango

    *Tiket masuk Taman Nasional Gede Pangrango = Rp. 16.000,-

    *Tiket masuk Jembatan Gantung Situ Gunung = Rp. 50.000,-

    Lokasi

    Jl. Kadudampit, Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43153

    Jam Operasional = 10.00 WIB – 16.00 WIB

  5. Goa Lalay, Pelabuhan Ratu
  6. Gua Lalay adalah merupakan salah satu objek wisata alam Palabuhanratu. Di Gua Lalay pengunjung dapat menyaksikan jutaan kelelawar yang menghuni Gua Lalay ini, sehingga dinamakan dengan Gua Lalay (Lalay=Kelelawar). Biasanya Kelelawar ini mulai keluar menjelang senja sekitar jam 17.00. Berdasarkan kepercayaan penduduk setempat, Kelelawar-kelelawar ini terbang juga ke daerah lain seperti Banten, Bogor, Jakarta bahkan Bandung. Gua Lalay juga terkadang digunakan sebagai tempat penelitian. Hal yang biasanya dijadikan penilitian adalah jenis-jenis kelelawar hingga elemen batu kapur yang membentuk seperti gua tersebut. Konon, dikatakan oleh penjaga di Gua Lalay bahwa daratan disekitar Gua Lalay adalah pantai yang membentang.

    Tiket Masuk Goa Lalay, Pelabuhan Ratu
    *Tiket masuk Gua Lalay Rp. 6.000,-

    Lokasi

    Kawasan Geopark Ciletuh, Jl. Pelita – Cipatuguran, Citarik, Kec. Pelabuhan Ratu, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43364

  7. Puncak Habibie
  8. Puncak Habibie terletak di dataran tinggi Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Sebelum bernama Puncak Habibie, masyarakat sekitar mengenal tempat itu dengan nama Puncak Kembang. Perubahan nama itu terjadi pada tahun 1990, ketika Industri Pesawat Terbang Nusantara atau IPTN membangun fasilitas radar udara di sana. Radar udara tersebut dibangun oleh BJ Habibie yang saat itu menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi.

    Berada di ketinggian 380 meter di atas permukaan laut atau mdpl. Di dekat Puncak Habibie terdapat jalan nasional penghubung Provinsi Jawa Barat dengan Provinsi Banten. Banyak wisatawan sengaja berhenti di Puncak habibie untuk sekadar melepas lelah dari perjalanan sekaligus menikmati pemandangan alam yang indah. Dari Puncak Habibie, Maiders bisa melihat lautan lepas di selatan Pulau Jawa dan perbukitan hijau.

    Tiket Masuk Puncak Habibie
    *Free

    Lokasi

    Jl. Raya Cisolok, Pasir Baru, Cisolok, Kab. Sukabumi, Jawa Barat 43366

  9. Kampung Nelayan, Pelabuhan Ratu
  10. Berada didaerah pesisir pantai sangat disayangkan jika tidak mencicipi ikan bakar segar yang baru saja dibawa oleh nelayan. Banyak sekali tempat kuliner yang bisa Maiders coba dan cicipi di Kampung Nelayan, Pelabuhan Ratu. Maiders juga dapat mengikuti pelelangan ikan yang terkadang diadakan oleh para nelayan. Jika Maiders ingin membeli oleh-oleh untuk kerabat, ikan asin di Kampung Nelayan ini bisa menjadi pilihan juga lho Maiders, selain ikan asin yang diproses masih dengan gaya tradisional, harga ikan asin di Kampung Nelayan ini juga sangat terjangkau.

    Tiket Masuk Kampung Nelayan

    *Free

    Lokasi

    Pelabuhanratu, Sukabumi, West Java

  11. Geyser Cisolok
  12. Setelah berjalan-jalan sepertinya sangat menyenangkan jika dapat merelaksasikan badan dengan berendam di air hangat alami Geyser Cisolok. Wisata alam pemandian air panas ini berasal dari geyser atau air panas yang melewati kerak bumi dimana tekanan dari dalam perut bumi sangatlah besar. Sehingga menyebabkan air tanah bersuhu tinggi dan air panas tersebut menyembur keluar. Karena sumber mata airnya berasal dari geyser, maka pemandian air panas ini tidak mengandung belerang. Maiders tak usah khawatir karena kandungan mineral yang tinggi dalam air panas ini mampu menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal dan reumatik. Fakta menarik nih Maiders, di dunia hanya ada 5 Geyser lho! Dan salah satunya ada di Indonesia tepatnya di Cisolok, wah sangat membanggakan sekali ya, Maiders!

    Tiket Masuk Geyser Cisolok

    *Anak-anak Rp. 2,500
    *Dewasa Rp. 5,000

    Lokasi

    Cikahuripan, Cisolok, Sukabumi, West Java 43166

  13. Pantai Karang Hawu dan Goa Karang Hawu
  14. Pantai Karang Hawu yang terletak di daerah Sukabumi Jawa Barat ini memiliki keindahan khas panorama alam yang unik dan eksotis. Pantai ini menjadi salah satu pantai yang terkenal di daerah Sukabumi dengan keindahan khas tebing yang menjorok ke laut. Selain itu pantai ini memiliki cerita mistis yang telah terkenal dan diakui oleh warga sekitar. Jika Maiders datang dan berlibur ke lokasi ini, Maiders akan disuguhkan pemandangan yang indah, berupa hamparan pasir yang lembut dengan warna kecoklatan, udara yang sejuk serta deburan ombak besar yang menghantam tebing semakin menambah pesona keindahan Pantai Karang Hawu ini. Menurut cerita masyarakat sekitar, pantai ini diberi nama Karang Hawu karena terdapat lubang-lubang pada tebing atau batu karang sehingga akan tampak seperti tungku. “Hawu” yang dalam bahasa sunda berarti tungku. Karena itulah pantai ini dinamai dengan Karang Hawu.

    Nah Maiders, di Pantai Karang Hawu terdapat sebuah goa. Sesuai tempatnya, goa tersebut bernama Goa Gunung Karanghawu. Lokasi goa ini terletak di bawah bukit karang. Goa Gunung Karanghawu saat ini memiliki tinggi kurang lebih sekitar dua meter dengan lebar tiga meter serta kedalaman kurang lebih tujuh meter. Semakin dalam goa semakin menyempit dengan dinding bongkahan batu karang.

    Tiket Masuk Pantai Karang Hawu dan Goa Karang Hawu

    *Free

    Lokasi

    Caringin, Cisolok, Sukabumi, West Java 43366

  15. Petilasan Nyi Roro Kidul dan Keramat Gunung Mulya
  16. Nah Maiders, Pantai Karang Hawu ini juga sangat terkenal dengan cerita mistis yang saat ini masih dipercayai oleh penduduk sekitar. Konon menurut cerita, Goa Gunung Karanghawu ini sebagai petilasan Nyi Roro Kidul dan sebagai tempat peristirahatan presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno. Sedangkan di atas goa tersebut terdapat sebuah bangunan yang dipercaya sebagai tempat persinggahan Nyi Roro Kidul. Selain itu, pantai ini juga terkenal dengan mitosnya yang konon katanya tebing yang menjorok ke laut itu merupakan singgah sana Nyai Roro Kidul sang Penguasa Laut Selatan. Masyarakat sekitar percaya bahwa pantai ini menjadi tempat favorit Sang Penguasa Laut Selatan. Sebagian besar pengunjung percaya dengan mitos tersebut. Terlihat cukup banyak pengunjung yang mencoba mencari berkah dengan membasuh muka ataupun mandi dengan air yang ada di cekungan batu karang itu. Bahkan pengunjungpun ada yang sengaja memasukkan air tersebut ke dalam botol minum untuk dibawa pulang.

    Di belakang garis pantai Karanghawu, menyembul bukit-bukit yang rindang oleh pepohonon. Salah satu bukit itu, ada yang dikeramatkan warga setempat. Menuruni bukit kearah laut, di ujung batu karang yang terjal terdapat sebuah petilasan P.J.M Presiden Soekarno yang dikenal dengan nama Karang Kursi, tempat dahulu beliau melakukan tirakat. Tentu saja para pengunjung tak lupa menyempatkan diri melakukan ritual permohonan doa disana. Konon tempat tersebut sangat cocok untuk tempat tawasul memohon kenaikan pangkat dan derajat, cocok juga bagi yang akan melamar sebagai tentara atau PNS.

    Nah, bagaimana Maiders menjadikan Sukabumi sebagai destinasi berlibur adalah hal yang sangat mengasikan dan menegangkan bukan? Dan hanya dengan budget tidak lebih dari 2jt sudah banyak sekali objek wisata yang dapat Maiders kunjungi. Eits, selama berlibur jangan lupakan protokol kesehatan ya Maiders. Semoga informasi ini bermanfaat ya Maiders.

    Happy Weekend!

    *Sumber: Maimaid team