Jakarta (7/4) – Pasti sudah sering mendengar pasta, kan? Pasta adalah makanan olahan yang berasal dari Negara Italia dan sudah terkenal di seluruh penjuru dunia. Pasta terbuat dari tepung gandum ataupun semolina, minyak zaitun, garam dan telur yang menjadi adonan dan bermacam-macam jenis.

Misalnya, farfalle yang sangat cocok dinikmati sebagai salad musim panas. Atau, makaroni yang bisa jadi tambahan sup untuk menenangkan. Apa saja jenis pasta yang sudah kamu coba? Mungkin banyak di antara kamu yang sudah pernah menikmati pasta “sejuta umat”, seperti Spaghetti, Fettuccine, Macaroni, Fusilli, dan Lasagne.

Tapi tahu tidak, ternyata masih banyak jenis pasta lain yang tak kalah menarik dari itu:

  1. Gnocchi
  2. Termasuk jenis short pasta, gnocchi (baca: /Nyoh-Ki/) umumnya terbuat dari bahan dasar kentang. Adonan pastanya digulung memanjang kemudian dipotong kecil-kecil. Gnocchi lalu digulirkan di atas garpu untuk membentuk garis-garis yang bisa mengangkut saus yang disajikan bersamanya. Restoran Trattoria Medan baru-baru ini merilis menu barunya, Gnocchi di Patate, yang semakin menambah koleksi sajian pastanya yang sedap. Demi menyesuaikan sajian barunya dengan selera konsumen di Medan yang cenderung menyukai tekstur pasta kenyal, Trattoria membuat inovasi baru dengan mengganti bahan dasar dari kentang menjadi ubi dan memanggangnya agar tetap chewy.

    Gnocchi di Patate disajikan dengan potongan ham, jamur, krim, plus topping poached egg. Sebelum menyantapnya, pecahkan dulu kuning telur di atasnya dan aduk semuanya jadi satu. Selamat menikmati!

  3. Ravioli
  4. Bentuknya yang mirip bantal persegi membuat Ravioli cenderung lebih gampang dibedakan dari jenis pasta lainnya. Pinggirannya biasa dipotong bergerigi dengan bagian tengah yang menggembung karena berisi daging atau kadang bisa juga keju atau sayuran. Ravioli mungkin bisa juga kamu sebut sebagai “pangsit”-nya orang Italia.

    Di restoran Trattoria Medan, homemade Ravioli yang berisi campuran bayam, bacon, dan keju Ricotta ini dimasak sederhana dengan saus dari tomat segar. “Delizioso!” Inilah kata yang bakal diucapkan setiap orang setelah mencicipi menu Ravioli Alla Casentinese.

  5. Penne
  6. Penne yang artinya “pena bulu” ini dikenal memiliki ujung potongan yang miring atau diagonal. Pasta jenis ini terbagi 2 menurut teksturnya, yaitu “Penne Lisce” yaitu Penne yang permukaannya mulus dan “Penne Rigate” yang bergaris-garis di permukaannya. Coba nikmatnya salah satu menu pasta jenis ini di restoran Trattoria Medan, seperti Penne Al’Arrabbiata yang nikmat karena kombinasi rasa pedas, gurih, dan asam dari saus tomat dan cabai segar.

  7. Tagliolini
  8. Disebut juga Taglierini, jenis pasta ini memanjang seperti Spaghetti, namun tipis dan memiliki sudut persegi dan lebarnya sekitar 2-3 mm. Tagliolini cepat matang sehingga waktu memasaknya cukup singkat. Cocok disajikan bersama saus yang ringan, ikan, ataupun dicampur dalam sup. Pasta Tagliolini versi Trattoria ternyata menawarkan sesuatu yang berbeda namun istimewa. Melalui menu Tagliolini Neri Al Salmone, chef Trattoria berkreasi dengan mencampurkan tinta cumi ke dalam adonan pasta! Warna hitamnya pun terlihat kontras saat dipadukan dengan saus krim dan potongan daging merah muda dari salmon Atlantik. Cantik!

  9. Tagliatelle
  10. Sekilas nama mereka yang mirip mungkin membingungkan tapi pasta Tagliolini di atas dan Tagliatelle ini adalah 2 tipe pasta yang berbeda. Tagliatelle bentuknya lebih lebar (sekitar 6.5 – 10 mm), pipih, dan lebih tebal dari Tagliolini sehingga mirip untaian pita atau Fettuccine. Menu pasta Tagliatelle klasik biasanya disajikan bersama saus daging atau Bolognese.

    Ada beberapa macam menu pasta Tagliatelle yang bisa kamu nikmati di Trattoria Medan, misalnya Tagliatelle Verdi Corsaro yang berwarna hijau daun karena dicampur dengan sari bayam dan dimasak dengan seafood, bawang putih, tomat ceri, dan saus zaitun hitam.

  11. Conchiglie
  12. Seperti namanya, Conchiglie memiliki bentuk yang cantik seperti kulit kerang (“conchiglia” dalam bahasa Italia). Kreasi pasta jenis ini disajikan Restoran Trattoria Medan dalam bentuk menu Conchiglie Maiale Bolognese, yaitu pasta Conchiglie yang dimasak bersama tumisan saus tomat, dan cabai.

  13. Linguine
  14. Pasta Linguine berbentuk mirip Fettuccine dengan lebar melebihi Spaghetti (sekitar 4 mm). Jika Spaghetti lazim dicampur bersama saus daging dan tomat, pasta yang artinya “lidah kecil” ini justru biasa disajikan bersama seafood atau pesto.

    Hidangan pasta Linguine a la Trattoria Medan diolah dengan variasi seafood segar, seperti udang, cumi, dan kerang yang banyak. Pencinta seafood pasti puas jika melahap seporsi Linguine Allo Scoglio ini.

Masih banyak lagi sih ini jenis jenis pasta, Pasta hanya disajikan setelah direbus terlebih dahulu, dan diolah lagi bersama bahan-bahan yang menjadikan nya semakin nikmat untuk disantap.

Untuk pasta sendiri ada yang dijual dalam bentuk yang masih basah (masih segar) dan dalam bentuk yang sudah kering. Biasanya yang sudah kering ini yang dikirimkan ke berbagai macam Negara di seluruh dunia.

*Sumber: makanmana