Jakarta (18/11) – Ketika usia semakin bertambah, ada beberapa perubahan yang bisa kamu alami. Salah satu perubahan yang mungkin cukup mencolok adalah perubahan kulit lho, Maiders. Apalagi sebentar lagi nggak terasa, penghujung tahun 2020 sudah semakin dekat. Seiring berjalannya waktu, apakah kamu sadar kalau terjadi banyak perubahan di kulitmu? Pernah mengalami kulit jadi terasa makin kering, terlihat kusam, atau tekstur kulit di area mata bikin concealer selalu creasing? Ups, jangan diabaikan, Maiders! Perubahan tersebut bisa jadi tanda-tanda awal penuaan yang sering nggak disadari.

Selain bertambahnya usia, faktor external agressor seperti sinar matahari, paparan polusi, maupun blue light dari gadget turut mempengaruhi kondisi kulit dan menyebabkan tanda-tanda penuaan dini.Faktor internal aggressor seperti stres, kebiasaan begadang, makanan, serta gaya hidup pun juga berkontribusi pada munculnya masalah kulit.

Nah, makanya perawatan kulit Maiders juga perlu naik kelas dari produk skin care remaja, karena kebutuhan kulit pun turut berubah. Beberapa perubahan kulit berikut ini bisa menjadi sinyal bahwa kamu perlu memberikan perhatian lebih pada kulitmu:

  • Kulit kusam
  • Pori-pori tampak makin jelas dan membesar
  • Kulit di sekitar mata menggelap dan muncul kantung mata
  • Kulit kering
  • Garis halus
  • Bintik hitam

Dilansir dari Reader’s Digest, tanda penuaan pada tubuh yang menggambarkan usia Anda meliputi:

  1. Berkurangnya volume dan elastisitas kulit
  2. Maiders, perubahan hormon menghilangkan elastisitas kulit dan volume pada punggung tangan. Hal tersebut membuat pembuluh vena tampak begitu kentara dan menonjol. Ditambah lagi, bintik-bintik penuaan akibat paparan sinar matahari juga bisa muncul.

  3. Muncul kerutan dekat mata
  4. Apakah kulit Anda di sekitar mata menjadi lebih tipis dan membentuk kerutan karena kebiasaan yang dilakukan berulang, seperti menyipitkan mata, tersenyum, dan terpapar sinar matahari. Karena sebagian besar formula tabir surya tidak boleh mendekati mata, untuk menghindari munculnya tanda ini Anda dapat mengenakan kacamata hitam sebagai perlindungan ganda untuk menghalangi sinar UV dan mengurangi kebiasaan menyipitkan mata.

  5. Muncul garis halus pada bibir
  6. Garis-garis halus di sekitar bibir sering timbul dekat mata serta dahi. Kemunculan tanda ini bisa disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari dan kebiasaan yang mengerucutkan bibir, seperti minum dari sedotan dan botol air.

  7. Kerutan pertama di dahi
  8. Dahi menjadi salah satu tempat pertama di wajah yang dapat menunjukkan tanda penuaan. Kerutan yang muncul di dahi bisa diatasi dengan penggunaan produk perawatan wajah yang mengandung retinol. Kandungan tersebut diketahui dapat meningkatkan kolagen untuk mengurangi keriput serta kulit mati yang terkelupas, sehingga membuat kulit tampak terlihat lebih cerah dan lembut.

  9. Leher yang rentan terpapar matahari
  10. Sama dengan dahi, leher rentan menampakkan keriput akibat sinar matahari. Menerapkan tabir surya pada kulit yang terpapar sinar matahari setiap hari dapat mencegahnya dari kerusakan kulit, meski tidak akan mampu mencegah munculnya tanda penuaan secara keseluruhan.

  11. Rambut mulai beruban
  12. Kebanyakan orang mulai menampakkan rambut beruban di usia 30-an, saat tubuh berhenti memproduksi sel-sel pigmen. Rambut beruban bisa cenderung lebih tipis, bila kondisi kulit kepala Anda berminyak. Mulai memasuki umur 30-an, Biasanya jerawat akan mulai berkurang dan mengalami penuaan dini yang lebih cepat jika kulit tidak dirawat dengan baik sejak remaja.

Penuaan dini biasanya mulai muncul pada usia 20-an yang biasanya disebabkan oleh stres, pola makan dan gaya hidup sehingga dapat menggangu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Seperti mulai muncul keriput, garis halus karena produksi kolagen yang berkurang sehingga membuat kulit mudah kering dan mengendur yang akan semakin bertambah pada usia 30 ke atas.

Solusinya, Stylovers wajib menggunakan skincare mengandung anti aging terutama serum berfungsi untuk mencegah dan mengurangi penuaan dini agar kulit senantiasa awet muda dan sehat ya, Maiders.

*Sumber: Maimaid Team