Jakarta (25/6) – Setelah lulus SMA kebanyakan orang akan berpikir untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi. Sedikit di antaranya yang langsung mencari kerja karena beberapa alasan. Lulus dengan gelar sudah pasti merupakan impian hampir semua orang, tetapi jika kamu tidak memiliki kesempatan untuk kuliah dan langsung lanjut kerja, kamu akan mendapatkan manfaat untuk masa depanmu.

Setelah kita menyelesaikan pendidikan di SMA/SMK/MA, kita dihadapkan pilihan pada:

  1. Apakah kita akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi?
  2. Apakah kita akan bekerja saja tanpa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi
  3. Jika kita memilih melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, apakah setelah tamat kuliah akan mudah memperoleh pekerjaan?
  4. Jika kita memilih bekerja dan telah memiliki penghasilan, apakah kita bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sambil bekerja?
  5. Apakah ada perguruan tinggi yang mengerti dan memiliki jadwal kuliah yang fleksibel sesuai dengan jam kerja?
  6. Apa keuntungannya kalau kita bekerja sambil kuliah?

Bagi kita yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi namun tidak memiliki dana yang cukup untuk membiayai kuliah kita, maka pilihan yang akan diambil adalah bekerja terlebih dahulu, dan setelah kita memperoleh penghasilan yang cukup, kita dapat membiayai kuliah kita sendiri tanpa tergantung pada dana dari orang tua.

Bagi kita yang memiliki dana yang cukup (terutama dari orang tua kita), maka pilihan yang akan kita ambil adalah melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, entah itu perguruan tinggi negeri atau swasta, saat ini kualitas pendidikan antara PTN dan PTS boleh dikatakan sudah sama karena seluruh perguruan tinggi memiliki akreditasi yang diberikan oleh lembaga yang sama yaitu Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Jika pilihan ini yang kita ambil, muncul pertanyaan apakah setelah kita selesai kuliah dan memperoleh ijazah kita akan dengan mudah memperoleh pekerjaan?

Terdapat beberapa manfaat jika kita bekerja sambil kuliah terutama jika kita kuliah di perguruan tinggi yang kegiatan praktek nya lebih banyak dibandingkan teori, misalnya perguruan tinggi yang berbentuk Politeknik, diantaranya:

  1. Kita dapat membiayai kuliah kita sendiri tanpa membebani orang tua bahkan mungkin bisa membantu adik-adik kita
  2. Materi kuliah yang banyak prakteknya (skill oriented) akan bermanfaat bagi kita dalam melaksanakan pekerjaan yang sebidang
  3. Kita dapat memberikan masukan-masukan bagi perusahaan tempat kita bekerja tentang praktek-praktek standar yang digunakan industri pada umumnya
  4. Karena skill kita bertambah terus dari waktu ke waktu, maka perusahaan akan memberi perhatian yang lebih kepada kita
  5. Jika kita mampu melaksanakan pekerjaan dengan baik dan mampu menyelasaikan kuliah dengan baik pula, maka pada saat itu kita telah memiliki pengalaman kerja yang cukup dan juga memiliki ijazah serta memiliki sertifikat kompetensi, sehingga kita memiliki nilai yang lebih dibandingkan karyawan-karyawan yang lain

Bandingkan jika kita kuliah dulu baru mencari kerja, maka kita akan tertinggal waktu dan kesempatan untuk menunjukkan nilai yang kita miliki karena kita hanya berbekal ijazah tanpa memiliki pengalaman kerja yang cukup. Oleh karena itu, putuskanlah dengan cerdas apakah kita akan bekerja dulu baru kuliah atau kuliah dulu baru mencari kerja.

Jika kamu memutuskan untuk mencari kerja, simak artikel berikut tips melamar pekerjaan ditengah pandemi covid-19 https://maimaid.id/tips-melamar-pekerjaan-di-tengah-pandemi-covid-19/

Semoga bermanfaat ya, Maiders πŸ™‚

*Sumber: nscpolteksby.ac.id