Jakarta (6/4) – Puasa merupakan jenis ibadah yang dilakukan oleh seluruh umat Islam di dunia. Berpuasa berarti menahan hawa nafsu juga menahan diri dari makan dan minum, dimulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Saat bulan Ramadan, ada kalanya kendala untuk berolahraga muncul karena berpuasa. Namun sebenarnya, terdapat 7 Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan saat Berpuasa. Olahraga yang terdiri dari 7 Jenis Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan saat Berpuasa ini dianjurkan bagi muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Kesehatan tubuh adalah hal terpenting. Sebelum berolahraga, utamanya saat berpuasa, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dan tidak boleh dilewatkan. Kita perlu menjaga pola makan secara teratur saat melakukan sahur dan buka puasa, cukupi kebutuhan minum selama sahur dan usahakan sahur di waktu mendekati imsak, dan tidak menunda waktu berbuka. Lakukan olahraga di pagi hari, beberapa jam setelah sahur dan shalat subuh, atau di sore hari menjelang berbuka puasa. Jaga pula pola tidur kita untuk mencukupi waktu istirahat, dan tetap lakukan pemanasan dan pendinginan sebelum melakukan olahraga.

Baca juga: Tips Jenis Olahraga Untuk Terapi Mata Minus

Olahraga memungkinkan tubuh untuk tetap prima dalam berbagai kondisi. Utamanya saat berpuasa, olahraga ringan tetap perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Kebanyakan dari kita tidak menyadari bahwa melakukan beberapa gerakan olahraga ringan setelah sahur dan/atau sebelum berbuka puasa, mampu menyeimbangkan dan menjaga kebugaran tubuh meski sedang berpuasa.

Berikut akan dipaparkan beberapa jenis olahraga ringan yang dapat dilakukan saat berpuasa.

  1. Jalan Santai
  2. Saat puasa hindari olahraga yang bisa membuat kamu mudah berkeringat, Maiders. Nah, jalan santai adalah salah satu olahraga yang bisa kamu pilih. Dengan jalan santai, kesehatan tubuh bisa terjaga terutama kesehatan jantung dan bagian otot serta tulang tanpa harus mengeluarkan keringat terlalu banyak. Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga ini seperti di sore hari menjelang buka puasa untuk mencegah kondisi lemas yang terlalu lama.

  3. Bersepeda Sore Hari
  4. Bersepeda adalah contoh olahraga ringan sekaligus menyenangkan yang bisa kamu coba. Selain mengencangkan otot, bersepeda juga menyehatkan jantung. Bersepeda saat puasa juga menjaga tubuh agar tidak lemas karena dengan bersepeda pikiran juga lebih tenang dan oksigen yang masuk ke dalam tubuh bisa terkontrol lebih mudah.

  5. Bowling
  6. Bowling termasuk olahraga ringan yang tidak membutuhkan banyak energi sekaligus tidak kalah mengasyikan dari bersepeda. Dengan bermain bowling, kamu bisa sekaligus olahraga sembari menunggu waktu berbuka puasa. Olahraga ini bagus untuk menguatkan otot tangan dan melatih keseimbangan badan.

  7. Latihan Beban
  8. Kalau mendengar latihan beban, pasti kamu akan berpikir jika olahraga ini bisa menguras banyak energi. Nah, agar tidak menguras banyak energi, pilihlah beban yang tidak terlalu berat. Lakukan gerakan angkat beban yang halus secara perlahan-lahan agar otot tidak kram pada saat mengangkat beban. Kalau kamu masih ragu memilih jenis olahraga yang tepat saat puasa, kamu bisa tanyakan terlebih dahulu ke dokter.

  9. Jogging
  10. Jogging sebenarnya mirip dengan berjalan santai namun dengan ritme yang sedikit lebih cepat. Tidak perlu khawatir, jogging masih termasuk ke dalam olahraga ringan yang dapat dilakukan selama puasa dan dapat dilakukan kapan saja.

  11. Yoga
  12. Dilansir dalam laman Live Strong, yoga termasuk olahraga ringan karena tidak terlalu menguras energi. Berlatih yoga saat berpuasa mampu menjaga tubuh tetap segar, bugar dan lebih rileks. Seperti yang kita tahu, latihan yoga berfokus pada teknik pernapasan yang otomatis menambah suplai oksigen ke seluruh jaringan dan menyeimbangkan produksi hormon.

    Tidak hanya itu, yoga membantu membakar kalori dan mampu memperbaiki postur tubuh. Bisa dipastikan olahraga ini tidak akan membuat kamu mudah lelah, karena yoga tidak akan membuat kamu berkeringat banyak, sehingga kamu pun tidak akan merasa dehidrasi, Maiders.

Sebelum mengetahui berbagai jenis olahraga saat puasa, perlu ditegaskan bahwa olahraga fisik ketahanan, plyometrics, kecepatan, dan kelincahan harus dihindari sepenuhnya. Dengan kata lain, pilihlah jenis olahraga yang ringan dan berintensitas rendah.

Jangan salah, olahraga ringan dan berintensitas rendah memiliki dampak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Sebuah riset dari Universitas Georgia, Amerika Serikat bahkan menyatakan, olahraga ringan berintensitas rendah bisa mencegah rasa lesu.

Untuk waktu berolahraga yang tepat, bisa dilakukan sesaat sebelum waktu berbuka atau setelah berbuka puasa Ramadan di saat tubuh telah mendapatkan asupan.

*Sumber: Halodoc