Jakarta (17/10) – Maiders, adakah disini kalian sedang mengkonsumsi beras merah? Beras merupakan makanan pokok bagi sejumlah negara di dunia, terutama di Asia. Ada begitu banyak macam beras. Salah satunya beras merah.

Beras merah ialah beras yang hanya mengalami pengelupasan lapisan paling luar dan tidak melalui proses penggilingan. Lapisan inilah yang mengandung banyak vitamin, kalsium, seng, zat besi, mineral, selenium, serat, dan nutrisi penting lainnya.

Pada umumnya beras merah aman dikonsumsi dalam kondisi tubuh apapun. Beras merah bahkan aman untuk dikonsumsi ibu hamil dan menyusui selama dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Maiders, tahukah kamu salah satu nutrisi yang banyak terkandung di dalam beras meras adalah serat. Nutrisi ini berperan penting dalam proses penurunan berat badan lho.

Tak hanya itu, dalam seporsi beras merah (sekitar 200 gram) juga terkandung sekitar 230¬–250 kalori dan beragam nutrisi, seperti:

  • 45–50 gram karbohidrat
  • 3–3,5 gram serat
  • 5 gram protein
  • 1,6–2 gram lemak
  • 80 miligram kalium
  • 80 miligram magnesium
  • 2 miligram natrium
  • 1,1 miligram zat besi

Beras merah juga mengandung nutrisi lain, seperti vitamin B, zinc, mangan, kalsium, dan fosfor. Sama seperti beras putih, beras merah juga termasuk dalam golongan biji-bijian utuh yang bebas gluten, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit celiac atau orang yang memiliki alergi gluten.

Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan

Berkat kandungan gizi yang cukup beragam, ada beberapa manfaat beras merah bagi kesehatan yang bisa Anda peroleh, di antaranya:

  1. Mengontrol berat badan
  2. Beras merah mengandung serat, protein, dan karbohidrat kompleks yang lebih tinggi daripada beras putih. Oleh karena itu, Anda bisa merasa kenyang lebih lama jika mengonsumsi beras merah. Tak hanya itu Maiders, beberapa riset pun menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi beras merah secara rutin akan memiliki berat badan yang lebih terkontrol. Efek ini menjadikan beras merah baik dikonsumsi untuk mencegah obesitas.

  3. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler
  4. Selain mengandung serat yang tinggi, beras merah juga mengandung antioksidan, kalium, magnesium, dan zat lignan. Kandungan beras merah tersebut terbukti dapat mencegah penumpukan kolesterol atau lemak jahat dalam darah, mengontrol tekanan darah, dan mencegah penyumbatan di pembuluh darah (aterosklerosis). Efek tersebut membuat beras merah baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.

  5. Mengontrol kadar gula darah
  6. Beras putih tergolong sebagai makanan dengan indeks glikemik tinggi. Ini artinya, konsumsi nasi putih bisa cepat meningkatkan kadar gula darah. Gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol lama-kelamaan bisa menyebabkan terjadinya resistensi insulin sehingga memicu diabetes. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik lebih rendah, misalnya beras merah. Dengan indeks glikemik yang rendah, beras merah dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

  7. Melancarkan pencernaan
  8. Beras merah mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang tinggi. Kandungan tersebut dapat menjaga bakteri baik di usus serta melancarkan pencernaan. Beras merah bahkan baik dikonsumsi untuk untuk mencegah atau mengatasi sembelit nih, Maiders.

  9. Mengurangi risiko kanker
  10. Beras merah mengandung banyak antioksidan, seperti asam fenolat dan flavonoid. Antioksidan merupakan zat yang dapat mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas. Hal ini menjadikan beras merah bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kanker, misalnya kanker usus besar.

Jika sebagian besar zat gizi dalam nasi merah sangat baik untuk tubuh, lantas bolehkah dimakan setiap hari? Jawabannya tentu saja boleh dong. Tidak ada masalah jika Anda menjadikan nasi merah sebagai pengganti nasi putih setiap hari. Makan nasi merah bisa jadi pilihan yang baik untuk memasok beragam vitamin, mineral, dan antioksidan untuk tubuh setiap hari.

Anda bisa melengkapi hidangan nasi merah dengan berbagai sumber nutrisi lain seperti protein, lemak, vitamin, dan mineral dari sayuran hijau, telur, daging atau unggas, dan kacang-kacangan.

Selain itu Maiders, Anda juga bisa menambahkan bumbu dan rempah seperti kunyit, cabai, atau jintan untuk memperkaya rasa nasi merah yang tawar tanpa menambah kalori.

Namun ingat: karena nasi merah mengandung banyak serat, jangan lupa imbangi dengan banyak minum air. Minum air 8 putih gelas per hari untuk membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga Anda tidak akan mengalami sembelit hingga kembung.

*Sumber: Alodok | Maimaid team