Jakarta (19/11) – Maiders, pernahkan tidak kamu merasakan kesal, uring-uringan tidak jelas, sampai kamu tidak tahu cara mengatasinya? Ternyata dari semua yang kamu rasakan memiliki banyak faktor penyebab dan cara gampang untuk mengatasinya yakni dengan sebuah pelukan, Maiders. Pelukan sebagai terapi adalah cara penyembuhan diri yang termudah dan terkuat. Bahkan, penelitian menunjukkan aktivitas ini sama seperti tertawa. Memeluk seseorang sangat efektif untuk menyembuhkan rasa sakit, kesepian, depresi, kekhawatiran, dan stres.

Pelukan Bisa Meningkatkan Perasaan Bahagia

Peneliti menemukan bahwa, mereka yang dipeluk tidak terpengaruh oleh paparan konflik dibandingkan mereka yang tidak mendapatkan pelukan. “Pelukan dapat menonaktifkan bagian otak yang merespons ancaman. Itu berarti, lebih sedikit hormon yang dilepaskan untuk menandakan respons stres. Dengan begitu, sistem kardiovaskular Kamu mengalami lebih sedikit stres,” kata dr. Michael Murphy, PhD, peneliti di Laboratory for the Study of Stress, Immunity, and Disease di Department of Psychology Carnegie Mellon University.

Menurut Michael, para peneliti percaya bahwa sentuhan interpersonal atau pelukan dapat memodulasi oksitosin (hormon perasaan senang). Hormon oksitosin juga dikenal sebagai “bahan kimia pelukan” dan bisa bisa meningkatkan kesehatan seseorang. “Saat kita merasa lebih aman dan diperhatikan oleh seseorang, bisa membuat kita kurang sensitif terhadap rasa sakit fisik dan kurang reaktif ketika dihadapkan pada suatu hal yang berpotensi mengancam,” jelasnya.

Jadi, tidak usah heran kalau pelukan bisa memberikan Kamu kenyamanan. Bagaimana pun, pelukan dapat membantu Kamu merasa lebih dekat dengan seseorang yang disayangi, baik itu pasangan, teman, atau anak-anak.Selain itu, pelukan juga dapat meningkatkan perasaan bahagia dan kepuasan karena mengetahui bahwa ada orang lain yang peduli terhadap Kamu, Maiders. Mendapat pelukan dari orang tersayang akan membuat Kamu merasa lebih baik dengan cepat. 🙂

Perlu diketahui bahwa, pelukan adalah kebutuhan dasar setiap manusia. Jadi, nggak usah malu kalau Kamu menginginkan pelukan karena hal tersebut sangatlah normal. Itulah kenapa, pelukan berdampak cukup besar pada kesehatan emosional seseorang lho!

Jangan Malu Bilang Kamu Butuh Dipeluk

Tidak semua orang mau mengakui bahwa mereka membutuhkan dukungan atau pundak seseorang untuk menangis. Kenyataannya, perasaan tersebut sangatlah normal. Jadi, apabila Kamu membutuhkan pelukan, jangan ragu mengatakannya pada pasangan, atau sahabat dan orang terdekat. Mengekspresikan bahwa Kamu membutuhkan dukungan atau kenyamanan adalah bagian kehidupan yang normal dan sehat. Tidak usah merasa malu atau gengsi. Dukungan datang saat kita membicarakan satu masalah atau menjadi pendengar yang baik, bahkan dukungan juga bisa datang melalui pelukan. Apalagi, pelukan memiliki manfaat yang cukup besar, Maiders!

Ini beberapa manfaat pelukan yang harus Kamu ketahui:

  • Meredakan Nyeri. Menurut penelitian di tahun 2015, hormon oksitosin yang dilepaskan ketika seseorang berpelukan, dapat berperan sebagai pereda nyeri. Dikatakan peneliti, pelepasan oksitosin dapat membantu meredakan nyeri secara langsung. Selain itu, hormon oksitosin juga dapat mengurangi kepekaan terhadap rasa sakit secara tidak langsung dengan mengurangi perasaan cemas dan takut.

  • Membuat Kamu Merasa Aman dan Terlindungi. Ketika orang yang Kamu sayangi memelukmu, bisa dipastikan Kamu merasa terhibur dan tidak sendirian.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Berdasarkan penelitian, pelukan dapat meredakan gejala flu. Bersama rekannya, Michael meneliti bagaimana stres dan dukungan sosial memengaruhi kekebalan dan kerentanan terhadap penyakit menular. Hasilnya, peserta yang merasa didukung secara sosial dan lebih sering dipeluk mengalami gejala penyakit yang tidak terlalu parah. Merasa terancam dan stres dapat mengatur sistem kekebalan tubuh untuk bertindak lebih agresif. Sistem kekebalan tubuh yang terlalu agresif dapat menyebabkan kerusakan pada sistem tubuh, meningkatkan risiko kita terhadap berbagai penyakit

Manfaat berpelukan setiap hari salah satunya adalah Pelukan mengajarkan kita untuk memberi dan menerima. Ada nilai yang sama antara menerima kehangatan pelukan dan memberikannya kepada orang lain. Pelukan mengajarkan kita bagaimana kasih sayang mengalir dua arah. Sama seperti tawa, pelukan sangat mirip dengan meditasi. Keduanya mengajarkan kita untuk melepaskan diri dan menikmati apa yang sedang dirasakan.

Pelukan juga mendorong kita untuk mengeluarkan energi positif. Pelukan membantu Kamu untuk menghubungkan hati dengan perasaan dan alur napas. Oleh sebab itu, sering-seringlah berpelukan. Karena pada tanggal 21 Januari nanti ditetapkan sebagai hari berpelukan sedunia, mulailah biasakan diri untuk memeluk orang-orang yang Kamu sayangi.

Kamu bisa mulai dengan sering memeluk orang tua, kakak, adik, teman, dan rekan kerja setiap kali bertemu. Jelaskan juga pada mereka tentang kekuatan dari dampak pelukan tersebut.

Berbicara bahwa pelukan itu bisa membuat kita aman, Maimaid juga pastinya memberikan pelayanan yang aman juga nyaman lho, Maiders. Dengan kamu memakai jasa layanan Pekerja Rumah Tangga (PRT) di Maimaid, kamu bisa dapatkan 3 keunggulan layanan seperti garansi tanpa batas, bebas biaya admin, pelayanan after sales. 🙂

Untuk info lebih lengkap kunjungi website www.maimaid.id atau hubungi hotline 021-220-586-67.

*Sumber: Guesehat