Jakarta (16/10) – Maiders, kamu pasangan yang baru menikah? Menjalani kehidupan baru dalam rumah tangga pada era milenial menjadi tantangan baru juga bagi generasi ini. Minimnya ilmu pengetahuan tentang cara mengurus hubungan suami-istri, hingga mengatur keuangan keluarga. Sebagai pasangan yang baru saja menikah banyak sekali perbedaan yang akan kamu temukan.

Selain hidup kamu akan menyatu, keuangan pun turut melebur ke dalam satu wadah. Perubahan ini sejatinya perlu penyesuaian. Pasalnya, bertahun-tahun kamu mengelola penghasilan sendiri untuk pemenuhan kebutuhan pribadi sekarang harus memenuhi kebutuhan untuk dua orang.

Manfaat berhemat untuk pasangan muda

Apa sih sebenarnya manfaat dari tips berhemat untuk pasangan muda? Setidaknya, kamu akan merasakan beberapa manfaat seperti yang berikut ini:

  • Katakan tidak untuk bersikap hedon
  • Pasca menikah, keinginan untuk hedon pasti tidak akan berkurang dengan sendirinya. Banyaknya kebutuhan dan biaya yang harus ditanggung menuntut Anda untuk tidak terlalu sering hedon. Apalagi kalau hedon bersama teman-teman yang biayanya bisa mencapai ratusan ribu untuk sekali hedon. Daripada uangnya habis untuk hedon, lebih baik dipakai untuk membeli peralatan rumah tangga. Misalnya furniture, alat-alat masak, mesin cuci, dan lain sebagainya. Barang-barang ini tentu akan sangat berguna saat kamu membina kehidupan rumah tangga.

  • Kebijakan mengatur uang
  • Tips berhemat untuk pasangan muda yang diterapkan akan mengasah kemampuan berhemat. Kamu dan pasangan jadi lebih bijak mengatur pemasukan dan pengeluaran.
    Mengutamakan kebutuhan prioritas, serta terbiasa membeli yang dibutuhkan bukan malah menuruti keinginan saja.

  • Hidup hemat harus dilakukan secara serius
  • Sudah terbukti kalau menikah itu tidak melulu menambah pengeluaran. Justru dengan menikah, Anda bisa menerapkan pola hidup hemat karena status kini sudah berubah. Tidak ada lagi yang namanya boros demi kepentingan pribadi karena uang yang dimiliki habis untuk memenuhi kepentingan keluarga.

    Proses peralihan menuju hidup hemat tentu harus dilakukan secara serius, sehingga membuahkan hasil yang maksimal. Jika niat untuk hidup hemat setengah-setengah, usaha Anda pasti akan gagal total karena kamu tidak tulus saat melakukannya.

Tips berhemat untuk pasangan muda

Menikah di usia muda memang harus disertai dengan kedewasaan dan kebijakan. Termasuk dalam hal memilih produk finansial dan mengatur uang. Berikut tips berhemat untuk pasangan muda yang bisa diterapkan bagi kalian yang baru saja menikah:

  1. Bicarakan tujuan yang ingin dicapai
  2. Sebelum mengaplikasikan tips berhemat untuk pasangan muda. Bicarakan dulu tujuanmu dengan pasangan. Hal apa sih yang mau diraih bersama setelah kalian berdua menghemat? Misalnya ingin segera membuka usaha, mencukupi kebutuhan perabotan dan alat elektronik, dan hal lainnya. Samakan tujuan kalian dalam menabung, sehingga usaha untuk berhemat tak terlalu berat dijalankan.

  3. Tentukan pemasukan bersih
  4. Saat memulai kehidupan baru, untuk pasangan muda yang perlu kamu lakukan adalah membuat anggaran belanja. Kamu dan pasangan harus mendiskusikan besaran uang yang akan menjadi pemasukan bulanan. Jika kedua pihak sama-sama masih bekerja, tentukan apakah penghasilan akan digabung atau tidak, serta siapa yang mengelola uang tersebut. Pemasukan yang diterima untuk belanja kebutuhan dan tabungan tentu saja adalah pemasukan bersih. Dimana sudah dikurangi oleh setoran pajak, tagihan asuransi, dan lain sebagainya.

  5. Utamakan pengeluaran wajib
  6. Maiders, Jika besaran pemasukan sudah disepakati, maka kurangi dana itu dengan pengeluaran wajib. Di antaranya seperti biaya makanan, perabotan rumah, cicilan kartu kredit, biaya air dan listrik, dan lain-lain. Pengeluaran wajib adalah pengeluaran yang tidak bisa kamu tunda kepemilikannya atau pembayarannya. Lalu, apakah kebutuhan hiburan dan liburan bukan pengeluaran wajib?

    Jawabannya tergantung pada kebutuhan dan kesepakatan kamu dengan pasangan. Jika kamu ingin pergi berlibur setidaknya 6 bulan sekali, maka kamu dan pasangan tetap harus memasukkan dana liburan sebagai pengeluaran wajib setiap bulan. Walau sedikit dana yang disisihkan tiap bulannya, ya tak apa. Yang penting cukup untuk agenda liburan mu bareng pasangan.

  7. Pastikan barang yang dibeli dibutuhkan
  8. Untuk kebutuhan primer dan sekunder, kamu harus detil memilih barang yang sangat dibutuhkan. Godaan yang umum datang adalah promo barang fashion dan retail. Ingat, jika kamu hanya sekadar menginginkan barang tersebut, sebaiknya tak usah dibeli. Sebab, dikhawatirkan barang-barang itu akan mubazir karena tidak terlalu sering dipakai. Agar makin fokus untuk belanja barang yang dibutuhkan, coba deh buat daftar belanja.

    Beli lah hanya barang-barang yang ada di daftar itu. Belanja bulanan dalam jumlah besar juga lebih disarankan, karena lebih menghemat (jika menemukan produk serupa yang diskon). Serta membuatmu lebih jarang ke supermarket.

  9. Pilih hiburan yang murah
  10. Untuk urusan hiburan, kamu bisa melakukan aktivitas sederhana yang irit biaya. Tips berhemat untuk pasangan muda ini cukup efektif lho. Misalnya menyiapkan dinner romantis di rumah, alih-alih makan di restoran. Atau pergi berlibur ala backpacker. Kamu bisa pergi ke pantai terdekat dan tidur di tenda, bukan menyewa hotel. Pengalam baru seperti itu pasti akan berkesan dan seru. Kamu juga bisa movie marathon dengan streaming online di rumah, beserta popcorn dan jajanan yang dibuat sendiri. Yang terpenting adalah menjaga kualitas saat menghabiskan waktu bersama.

  11. Sisihkan tabungan
  12. Jika kebutuhan sudah dicukupi dengan cara yang bijak, tanpa mengesampingkan hal hiburan, tentukan besaran tabungan yang mau disisihkan. Jika ini kali pertama mu dan pasangan untuk mengatur keuangan, diperbolehkan untuk menyisihkan sedikit dana dulu. Jika sudah terbiasa, coba naikkan besaran tabungan dengan memangkas lebih banyak kebutuhan yang tidak terlalu perlu.

  13. Siapkan dana darurat
  14. Seiring berjalannya waktu, tips berhemat untuk pasangan muda akan lebih mudah diterapkan. Jika kamu dan pasangan sudah terbiasa, coba untuk sisihkan dana darurat. Dana darurat adalah dana yang hanya boleh digunakan untuk kebutuhan mendesak. Seperti akibat risiko terkena PHK, kecelakaan, dan hal darurat lainnya.

  15. Mulai investasi
  16. Terakhir, kamu bisa coba mulai investasi dengan cara mudah. Untuk pasangan muda, disarankan memilih investasi reksadana yang minim resiko. Pilihan investasi ini lebih disarankan, terlebih jika kamu masih ragu dalam membuka usaha.

Untuk kamu pasangan muda, jika memang kalian bekerja full time, pastinya kalian jarang untuk mengurus rumah apalagi urusan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci baju, setrika dan beberes rumah.

Kalian tak usah bingung untuk prihal ini, karena sekarang ada Maimaid. Apa sih Maimaid? Maimaid adalah platform sebuah aplikator layanan pemesanan Pekerja Rumah Tangga (PRT) yang berbasis aplikasi dan website.

Di Maimaid ada beberapa layanan, yakni Asisten Rumah Tangga (ART), Babysitter, Supir dan Butler. Untuk memilih PRT yang tepat untuk rumah kalian. Cek dan pesan sekarang di www.maimaid.id atau hubungi hotline 021-220-586-67.

*Sumber: Maimaid Team