Jakarta (27/7) – Tidur siang tidak hanya penting untuk anak-anak. Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang juga baik untuk orang dewasa. Jadi, enggak ada salahnya bila kamu mengambil waktu sejenak di sela-sela waktu kerja untuk tidur siang. Tidur siang justru bisa meningkatkan daya ingat dan kinerja, sehingga kamu bisa lebih produktif lho.

Manfaat Tidur Siang pada Tubuh

Jika Anda berpikir tidur siang hanya bermanfaat untuk bayi, anak-anak, lanjut usia, atau yang sedang sakit, maka sebaiknya Anda berpikir ulang. Ada berbagai manfaat tidur siang yang diyakini dapat memengaruhi tubuh secara positif pada orang dewasa. Di antaranya adalah:

  1. Meningkatkan daya ingat
  2. Tidur siang dapat membantu meningkatkan daya ingat, terutama mengenai hal-hal yang telah dipelajari pada awal hari.

  3. Lebih mudah mengumpulkan informasi
  4. Tidur siang dapat membantu otak menghubungkan berbagai hal yang Anda ketahui. Selain itu, tidur siang juga bisa membuat Anda merasa lebih mudah mengumpulkan informasi yang diperoleh pada hari sebelumnya.

  5. Meningkatkan mood
  6. Ketika Anda merasa lelah atau sedih, cobalah untuk tidur siang. Tidur siang dapat memperbaiki suasana hati dan meningkatkan semangat Anda.

  7. Meredakan stres
  8. Jika Anda sedang berada di bawah tekanan, para ahli menyatakan bahwa tidur siang dapat melepaskan stres dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

  9. Mengurangi kantuk dan kelelahan
  10. Jika pada malam sebelumnya Anda kurang tidur sehingga menyebabkan kantuk dan kelelahan di siang hari, cobalah untuk tidur siang. Tidur siang dapat mengurangi rasa kantuk dan kelelahan yang Anda rasakan. Selain itu, tidur siang dipercaya mampu meningkatkan kewaspadaan, kinerja, dan kemampuan belajar.

  11. Membantu tidur lebih baik di malam hari
  12. Studi menunjukkan bahwa tidur siang selama 30 menit yang dikombinasikan dengan olahraga ringan, seperti berjalan atau melakukan peregangan, dapat membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Selain itu, kesehatan mental dan fisik juga bisa menjadi lebih baik.

  13. Baik untuk kesehatan jantung
  14. Tidur siang dapat membantu menstabilkan detak jantung. Selain itu, berdasarkan sebuah studi tidur siang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah setelah melalui tekanan psikologis.

Sebuah studi dilakukan untuk membandingkan tiga cara mengatasi kelelahan pada siang hari, yaitu dengan menambah jam tidur malam, dengan tidur siang, dan dengan mengonsumsi kafein. Ternyata, tidur siang merupakan cara yang dinilai paling efektif dan memiliki efek yang sama dengan mengonsumsi kafein.

Tips tidur siang untuk orang dewasa

Tidur siang harus dilakukan dengan benar agar Anda dapat merasakan manfaatnya. Berikut tips tidur siang yang sehat bagi orang dewasa:

  • Tidak tidur lebih dari 30 menit. Jangan tidur siang lebih dari 30 menit untuk mencegah tubuh mencapai tahap tidur yang lebih dalam dan menghindari pusing karena tidur terlalu lama.
  • Pilih tempat yang tenang untuk berbaring dan tidur. Tempat yang tidak bising dan nyaman bisa membuat tidur siang Anda berkualitas meski hanya dilakukan sebentar. Cobalah cari tempat yang sunyi dan memungkinkan Anda untuk tidur dengan nyaman.
  • Hindari tidur di sore hari. Tidur di sore hari dapat menyebabkan Anda terjaga di malam hari dan mengganggu jadwal tidur Anda. Tidur siang di awal atau pertengahan siang hari sekitar jam 2-3 merupakan waktu terbaik.
  • Jangan langsung tidur setelah makan, beri jeda 2-3 jam untuk mendapatkan tidur yang berkualitas sehingga tidak menyebabkan sakit kepala dan kelelahan setelah bangun tidur.
  • Rutinlah tidur siang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin tidur siang biasanya memiliki kualitas tidur yang lebih baik di malam harinya. Oleh sebab itu, tak ada salahnya bagi Anda untuk mulai rutin melakukan tidur siang.

Meski banyak manfaatnya, tidak semua orang boleh tidur siang. Orang-orang yang memiliki gangguan tidur seperti insomnia sebaiknya tidak melakukan hal ini. Jika Anda mengalami insomnia, tidur siang dapat membuat Anda semakin terjaga di malam hari sehingga memperburuk kondisi yang dialami.

Untuk para pekerja yang ingin tidur siang, Anda dapat melakukannya di sela-sela waktu jam istirahat. Namun, pastikan terdapat tempat yang memadai bagi Anda untuk tidur siang dan jangan sampai mengacuhkan pekerjaan.

*Sumber: SehatQ