Jakarta (3/4) – Merencanakan renovasi rumah tentu banyak pertimbangan, mulai dari waktu hingga biaya. Dengan perencanaan yang tepat, proses renovasi seharusnya bisa berjalan dengan lancar. Selain kelancaran dalam renovasi, hal lain yang diharapkan tentu saja biaya yang dikeluarkan lebih murah alias low budget.

Nah, bagi Anda yang saat ini berencana untuk merenovasi rumah, berikut ini adalah beberapa tips untuk menghemat biaya saat merenovasi rumah dikutip dari dekoruma.

Berikut berbagai ide desain untuk renovasi rumah impianmu dengan budget yang bersahabat.

  1. Renovasi Rumah: Back to Basic
  2. Renovasi rumah bisa kamu lakukan dengan menggunakan warna-warna dasar seperti putih dan juga perabot atau furniture minimalis tanpa detail berlebih. Nggak cuma membuat suasana rumah jadi lebih baru, gaya yang umum dan abadi tentu nggak mengharuskamu renovasi rumah di kemudian hari.

  3. Berikan Warna Baru Saat Renovasi Rumah
  4. Suasana rumah biasanya menjadi kurang nyaman saat warna mulai usang dan memudah. Untuk membuat suasana rumah jadi lebih hidup, sebenarnya kamu nggak harus selalu melakukan renovasi rumah besar-besaran, lho. Warnai ulang setiap ruangan yang warnanya sudah nggak cerah dengan warna cat rumah lain yang lebih kekinian.

    Perhatikan juga warna-warna perabot saat melakukan renovasi rumah. Pastikan warna baru pada dinding, lantai, ataupun plafon sesuai dan serasi dengan warna perabot yang ada.

    Untuk hasil lebih maksimal, maksimalkan pencahayaan saat renovasi rumah dengan menambah jendela minimalis atau mengubah material jendela. Pencahayaan yang baik ini akan membuat warna baru hasil renovasi rumah jadi lebih terlihat maksimal.

  5. Hidupkan Suasana Lewat Pola Floral
  6. Nggak harus mengganti semua perabot saat renovasi rumah hanya untuk membuat rumah terasa seperti baru. Cukup melakukan finishing ulang pada perabot seperti sofa di ruang tamu, meja favoritmu, ataupun karpet lantai dengan material finishing yang baru. Untuk suasana ruangan yang lebih sibuk, kamu bisa mulai bermain dengan pola-pola, seperti menggunakan motif floral yang tengah trend. Pola floral juga akan membuat interior ruangan hasil renovasi rumah menjadi jauh lebih hidup. Bercengkrama setelah renovasi rumah tentu akan jadi jauh lebih menyenangkan.

  7. Perkaya Material Desain
  8. Merasa masih ada yang kurang pada renovasi rumah? Mungkin kamu perlu menambah kekayaan visual ruanganmu dengan material yang berbeda. Kamu bisa mulai dengan membentuk statement wall atau dinding utama dengan material yang berbeda. Batu alam atau pun wallpaper dinding bisa jadi pilihan.

    Lantai yang awalnya mungkin hanya berupa keramik, bisa kamu ubah dan dikombinasikan dengan lantai vinyl atau parket yang akan memberikan kesan visual jauh lebih kuat.

    Pertimbangkan juga menambahkan elemen material lewat perabot baru seperti karpet bulu pada lantai, atau elemen kaca dan cermin pada hiasan dinding. Ingat, nggak semua material harus kamu ganti, lho. Untuk menghemat biaya, tentu kamu masih bisa mempertahankan sebagian elemen material.

  9. Ganti Pencahayaan
  10. Jika suasana rumah terasa suram, mungkin yang perlu kamu lakukan saat renovasi rumah hanyalah menata ulang pencahayaan yang kamu miliki.
    Kombinasikan jenis lampu sesuai dengan kebutuhan dan gaya ruang, mulai dari lampu gantung, spotlight, hingga lampu baca dan lampu dekorasi harus kamu maksimalkan.Perhatikan juga pemilihan warna cahaya lampu saat melakukan renovasi rumah dengan menyesuaikannya dengan atmosfer ruangan yang diinginkan.

  11. Renovasi Rumah All-White
  12. Terkadang nggak perlu berlebihan saat melakukan renovasi rumah. Salah satu cara mudah dan murah untuk melakukan renovasi rumah adalah dengan mengaplikasikan warna putih pada keseluruhan ruang, sehingga perabot yang ada pada rumah menjadi lebih menonjol. Jika warna putih polos membuatmu merasa ruangan atau rumah terlalu polos, kamu bisa melakukan renovasi rumah dengan menggunakan material lain yang memiliki warna dominan putih namun diperkaya pola atau motif lain, seperti batu marmer carrara white atau penggunaan wallpaper putih yang bertekstur.

    Pengaplikasian renovasi rumah all-white ini paling cocok untuk kamu yang memiliki masalah ruang yang sempit ataupun ruang dengan sirkulasi cahaya yang minim, karena renovasi rumah serba putih akan memberikan kesan lebih luas dan lebih terang pada ruangan.

  13. Ekspos Material, Go Industrial
  14. Ingin memperkuat citra dari rumah lewat renovasi rumah? Mungkin mengekspos material rumah bisa jadi salah satu caranya. Jika kamu ingin tampil industrial, jangan ragu untuk mengekspos material mentah dari hunianmu seperti semen ekspos pada dinding. Misalnya, dengan membuang plester dinding dan membiarkan dinding bata menjadi elemen dari renovasi ruangan atau memanfaatkan lantai beton.

    Tidak hanya lebih murah, renovasi rumah menggunakan gaya industrial adalah salah satu solusi menonjolkan desain rumah yang kamu miliki agar tidak terlihat mainstream. Kamu bisa menerapkannya pada dinidng di dekat meja tv atau di area ruang kerja.

Carilah referensi dari desain-desain terkini untuk memastikan kamu berhasil meng-update gaya pada saat melakukan renovasi rumah. Selain bentuk, perhatikan juga tren material dan warna yang kekinian untuk membuat renovasi rumah tetap sesuai dengan zaman.

Apakah kamu sudah terpikirkan renovasi rumah seperti apa yang kamu butuhkan untuk hunian impianmu? Ingatlah bahwa renovasi rumah akan berjalan lancar apabila kamu paham betul desain yang kamu inginkan seperti apa. Hal ini akan mencegah kebingungan kontraktor saat mulai merenovasi.

Saat renovasi pun, kamu harus benar-benar melakukan langkah demi langkah dengan urut dan teliti, misalnya melakukan cara plamir tembok dengan benar dan memilih warna cat yang tepat untuk rumahmu.

*Sumber: Dekoruma