Jakarta (5/4) – Anak-anak zaman sekarang sangat dekat dengan gadgetnya. Asal tidak berlebihan, gadget tidak masalah digunakan untuk anak-anak karena bisa menjadi wahana edukasi. Banyak orang tua yang menggunakan gadget untuk menonton youtube sebagai sarana edukasi untuk si buah hati.

Ibu bisa memberikannya buku bacaan, mendengarkan lagu edukatif, ataupun mengajaknya menonton tayangan yang mendidik. Siapa yang sangka jika belajar melalui lagu adalah cara yang efektif untuk memberikan pengetahuan baru bagi anak usia 1 hingga 6 tahun.

Lagu yang riang, berpadu dengan video yang menarik membuat si kecil lebih mudah belajar tentang huruf, angka, bentuk-bentuk benda, ataupun kosakata baru. Sekarang para orang tua pun tidak repot untuk mencari video dan juga lagu edukatif, untuk anak tercinta.

Karena di YouTube banyak beredar video edukasi dari channel-channel penyedia konten untuk anak. Tentunya video yang ditampilkan sesuai dengan selera anak-anak, berisi karakter-karakter menggemaskan dengan warna-warna yang cerah.

Nah, jika Maiders sudah siap untuk memberikan tontonan yang berkualitas melalui youtube bersama si buah hati, simak yuk beberapa rekomendasi dari Maimaid Team tentang channel youtube untuk anak-anak yang memuat tayangan edukasi berikut ini.

  1. Nussa Official
  2. Nussa Official adalah sebuah channel youtube yang berisi kartun animasi educational entertainment (edutainment). Channel youtube ini menampilkan dua karakter tokoh animasi adik kakak yaitu Nussa dan Rara.

    Sosok Nussa digambarkan sebagai seorang anak laki-laki yang berpakaian gamis lengkap dengan peci putih. Sedangkan Rara digambarkan sebagai adik kandung Nussa yang berusia lima tahun menggunakan gamis dan jilbab.

    Karakter Nussa diciptakan sebagai tokoh penyandang disabilitas seperti tampak pada kaki kirinya yang menggunakan kaki palsu. Hal ini ingin menunjukkan bahwa kekurangan bukanlah sebagai penghalang untuk mencapai impian.

    Karakter Rara diciptakan sebagai tokoh yang ceria dan menggemaskan. Ditambahkan sosok Ibunda yang sering dipanggil dengan sebutan Umma selalu hadir dengan kehangatannya. Kehadiran channel ini menghadirkan warna baru bagi hiburan anak Indonesia.

    Tidak hanya menghibur, channel ini juga menyampaikan pesan-pesan positif, pesan moral, sekaligus pesan keagamaan yang mengandung nilai kehidupan untuk tumbuh kembang anak setiap episodenya. Channel animasi islami Indonesia ini telah eksis di youtube sejak 2018 dan telah memiliki lebih dari tujuh juta subscribers dengan 151 video.

  3. Sesame Street
  4. Yup! Old but Gold mungkin tepat untuk sebutan channel YouTube satu ini. Karena, tokoh Sesame Street sudah hadir sejak 50 tahun lalu menghiasi layar kaca dengan berbagai peran yang khas. Mungkin Sesame Street juga menjadi tontonan Moms sewaktu kecil dulu, ya. Karakter-karakter yang khas seperti Cookie Monster, Elmo, Bert, dan Ernie akan menemani Si Kecil belajar sambil bernyanyi!

  5. LBB Junior
  6. LBB Junior merupakan channel YouTube kedua dari Little Baby Bum, saluran khusus lagu pengantar tidur bayi. LLB Junior dibuat untuk anak yang lebih besar dengan jenis lagu yang lebih beragam yang bisa menghibur dan membuat Si Kecil berjingkrak sambil belajar.

  7. Oh My Genius
  8. Channel YouTube Oh My Genius menghadirkan video yang kental dengan ilmu bagi balita, misalnya tentang mengenal angka dari 1 hingga 50 menggunakan sebuah lagu, hingga video mengingat warna dan bentuk. Channel ini cocok sekali untuk Si Kecil yang berusia 3 hingga 5 tahun.

  9. National geographic kids
  10. Saluran YouTube ini khusus untuk anak-anak dari National Geographic. Di dalamnya banyak video yang menarik tentang hewan-hewan yang mengagumkan, penyampaian ilmu pengetahuan yang menyenangkan, dan video perjalanan yang penuh warna.

  11. Pinkfong! Kidsโ€™ Songs & Stories
  12. Maiders sudah tak asing lagi dengan Channel YouTube Pingfong ini kan? Tak heran, karena channel ini sempat booming beberapa waktu lalu. Saluran ini terkenal dengan lagu Baby Shark, yang sekelika banyak dinyanyikan oleh anak-anak bahkan orang dewasa.

    Selain bernyanyi, si kecil juga bisa mengikuti tempo dengan berjoged menggerakkan tangan dan badannya. Bunda pasti sudah hafal bagaimana koreografi dari lagu ini kan?

Asal tidak berlebihan, tidak ada salahnya mengenalkan Si Kecil pada gadget. Karena gadget juga bisa menjadi wahana edukasi bagi Si Kecil. Salah satunya dengan memberikan Si Kecil tontonan mendidik sekaligus menghibur.

Namun Maiders tak boleh asal pilih, karena terdapat ribuan konten yang ada di dalam YouTube dan Anda harus menyaring yang terbaik dan aman bagi Si Kecil.

*Sumber: Maimaid Team