Jakarta (21/11) – Maiders, apakah kamu sering memakan ikan atau daging? Makan ikan, udang, dan sejenis lauk jadi tidak nikmat ketika terasa amis baik bau dan cita rasanya. Supaya makan ikan atau udang jadi nikmat dan lahap. Kali ini Maimaid akan berbagi tips untuk menghilangkan bau amis pada ikan-ikan laut.

Makan ikan adalah satu kegiatan yang mengasikkan. Selain karena nikmat, ikan memiliki kandungan baik yang meliputi asam lemak omega 3 yang baik untuk tulang, kalsium, vitamin D, dan fosfor yang baik untuk tulang dan aneka vitamin serta kandungan yang baik lainnya.

Tidak heran manfaat makan ikan sangat baik untuk kesehatan mata dan perkembangan otak. Ikan juga menjadi pilihan nutrisi yang baik untuk ibu hamil, karena manfaat makan ikan dapat membantu perkembangan janin dan menciptakan kehamilan yang sehat.

Beberapa manfaat makan ikan antara lain menurunkan risiko jantung dan stroke, menjaga kesehatan otak dan mata, mencegah depresi, mencegah asma pada anak, dan sebagainya. Rasa lezat dan manfaat yang luar biasa, tentu tak akan membuat ragu untuk mengonsumsi ikan.

Namun, ada satu masalah ketika mengolahnya. Hal itu adalah bau amis pada ikan yang cukup sulit untuk dihilangkan. Jika tak pandai mengolahnya, bau amis pada bahan makanan bisa sebabkan masakan tak sedap untuk disantap.

Yang sering dilakukan, misalnya, untuk menghilangkan bau amis pada ikan adalah menggunakan jeruk nipis. Ternyata, penggunaan jeruk nipis tidaklah baik lho, Maiders.

Nah, berikut sejumlah alternatif yang bisa dicoba untuk menghilangkan bau amis pada ikan selain menggunakan air perasan jeruk!

  1. Cuka
  2. Siapkan dan larutkan cuka dengan air secukupnya. Lalu rendam ikan pada larutan tersebut selama beberapa menit. Atau cukup dioleskan saja ke daging ikan untuk kemudian dibilas dengan air bersih.

  3. Mentimun
  4. Parutan mentimun juga bisa digunakan untuk menetralkan bau amis pada ikan. Tinggal balurkan secara merata pada ikan, diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air bersih yang mengalir.

  5. Jahe
  6. Aroma jahe yang khas bisa digunakan untuk mengatasi bau amis pada ikan. Caranya bisa dengan menyiapkan jahe yang sudah dihaluskan atau diparut, kemudian dibalurkan ke ikan untuk kemudian dicuci bersih.

  7. Garam
  8. Cuci bersih ikan, lalu baluri dengan garam. Diamkan sekitar lima menit, baru cuci bersih ikan dengan menggunakan air kran atau air mengalir. Sebisa mungkin ketika ikan diolah tidak menggunakan garam yang terlalu banyak agar tidak keasinan.

  9. Asam jawa
  10. Remas asam jawa lalu balurkan ke daging ikan sampai merata. Diamkan dualu selama 20 menit lalu bilas dengan air mengalir. Kalau ada daun serai bakal lebih bagus lagi karena aroma daun serai bisa membantu menetralkan bau amis pada ikan.

  11. Membungkusnya dengan Daun (Daun Pepaya, Jambu, atau Singkong)
  12. Maiders, ternyata bau amis tidak hanya ikan saja, Daging juga memiliki bau yang tidak sedap lho. Cara efektif untuk menghilangkan bau amis, dengan cara membungkus daging dengan daun pepaya, jambu atau singkong. Pilih salah satu saja ya, tidak perlu ketiganya! Sekarang, kamu cukup bersihkan daun, potong daging ukuran sedang lalu bungkus dengan daun. Setelah itu bisa kamu kukus atau rebus daging yang telah dibungkus tersebut. Maka daun akan membantumu menghilangkan amis dari daging.

Sekarang, Maiders sudah tahu kan bagaimana menghilangkan bau amis baik ikan atau daging? Mudah bukan caranya. Bahan-bahannya tersebut dapat diperoleh di sekitar kita kok, dan cara-cara tersebut dapat diterapkan pada ART kamu di rumah.

Jika kamu butuh ART yang mempunyai pengalaman memasak, kamu bisa pesan melalui website www.maimaid.id atau hubungi hotline 021-220-586-67. Happy Weekend 🙂

*Sumber: Maimaid Team