Jakarta (19/5) – Tahukah kamu bahwa kue kering lebaran kastengel ini sebenarnya merupakan resep asli dari Belanda? Yap, kastengel bernama asli “kaastengels” yang berasal dari bahasa Belanda “kaas” (keju) dan “stengels” (batangan). Bahan bakunya yang merupakan keju membuat sajian ini menjadi hidangan yang istimewa zaman dahulu.

Bahan kue kering kastengel ini biasanya terdiri dari tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju. Kue kiring tersebut biasa dibentuk persegi panjang dengan ukuran 3-4 cm x 1 cm, yang kemudian dipanggang dalam oven hingga warnanya menjadi kuning keemasan.

Mencari kue kastangel tidak sulit, karena saat menjelang lebaran pasti banyak yang menjajakannya. Walaupun begitu, bukan tidak mungkin kita membuat sendiri dirumah lho. Selain untuk mengisi waktu luang, membuat kastengel tidak begitu suit kok. kastengel juga selalu banyak temannya yang menemani seperti nastar, putri salju, lidah kucing, sagu, dan kue kering lebaran lainnya.

Nah, bagi yang ingin mencoba membuatnya, berikut ini ada resep kastengel enak dan tidak pake ribet. Simak yuk!

Bahan:

  • 200 gr Mentega
  • 30 gr Gula Halus
  • 2 Butir Telur
  • 250 gr Tepung Terigu
  • 50 gr Maizena
  • 30 gr Frisian Flag Susu Bubuk Full Cream
  • 150 gr Keju Gouda/edam
  • 100 gr Keju Cheddar

Cara membuat:

  1. Masukkan mentega 200 gr ke dalam mangkok, gula halus 30 gr lalu aduk merata dengan mixer, masukkan kuning telur 2 butir dan aduk kembali.
  2. Masukkan tepung terigu 250 gr, maizena 50 gr, Frisian Flag Susu Bubuk Full Cream 30gr, keju gouda 150 gr, keju cheddar 100 gr lalu aduk merata.
  3. Bentuk adonan persegi panjang, oleskan kuning telur di atasnya, taburkan keju gouda, masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 140C selama 40-50 menit lalu siap dihidangkan.

Tips membuat kastengel

  1. Pastikanlah telur dengan adonan mentega terkocok dengan sempurna sebelum dicampurkan kuning telur, hal ini untuk mencegah mentega menggumpal dan bergerindil.
  2. Keju cheddar bisa diganti dengan keju edam sesuai dengan selera masing-masing.
  3. Jangan terlalu lama mengocok butter, karena akan membuat kue jadi rapuh dan mudah hancur saat matang.
  4. Jangan lupa untuk menunggu kue benar-benar dingin dan mengeras, barulah bisa disimpan kedalam toples/wadah kedap udara agar bisa terjaga teksturnya.
  5. Karakter oven dari yang satu ke yang lainnya tentu sangat berbeda, jadi kenalilah oven yang dimiliki, hal ini untuk menyesuaikan suhu dan lama wakti pemanggangan.

Gimana Maiders, udah tidak sabar kan ingin membuat kue kering lebaran kastengel yang renyah tapi juga lumer di mulut? Pastinya pas banget buat disajikan ke para tamu yang berkunjung ke rumah saat hari raya lebaran nanti.

Selamat mencoba ya 🙂

*Sumber : Frisian Flag | Tokowahab