Jakarta (26/10) – Hi Maiders, pasti sudah tahu kalau besok, hari Selasa tanggal 27 Oktober 2020 diperingati sebagai hari blogger nasional yang dicanangkan sejak tahun 2007 oleh bapak Muh. Nuh. Seiring dengan perkembangan penggunaan internet yang pesat, berpengaruh juga terhadap perkembangan bisnis internet di Indonesia. Saat ini sudah semakin banyak masyarakat Indonesia yang melek dengan bisnis online. Nah, salah satu yang begitu populer di Indonesia dalam bisnis online tentu saja adalah dengan mengelola blog.

Secara global, blog adalah singkatan dari web log, yakni bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Media blogger pertama kali diperkenalkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab, yang kemudian diakuisisi Google pada tahun 2002. Sejak itu, banyak aplikasi-aplikasi yang bersifat terbuka, yang membantu para blogger mengembangkan blog yang dimiliki.

Perkembangan blog di Indonesia

Maiders, Apakah kamu memiliki sebuah blog? Blog menjadi salah satu hasil revolusi digital yang banyak digrandungi di Indonesia lho. Blog yang sekarang kita kenal telah berkembang sedemikian rupa untuk disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Perkembangan ini tidak hanya dari segi teknologi yang dipakai yang semakin mutakhir namun juga jenis-jenis blog semakin terpetakan dengan tujuan tertentu.

Berikut beberapa jenis blog yang bisa kita simak sama-sama:

  1. Blog pribadi
  2. Pastinya Maiders, tahu dong jenis blog pribadi, blog pribadi adalah blog yang umumnya dibuat hanya untuk sekadar mengisi waktu luang atau berbagi hal-hal dari kehidupan sehari-hari. Blog jenis ini pada dasarnya adalah sebuah catatan online publik sehingga topiknya bisa segala hal. Selain itu, blog pribadi tidak ditujukan untuk menghasilkan uang, melainkan blog seperti ini menggunakan fasilitas layanan SEO dengan tujuan untuk dapat menyasar pembacanya.

  3. Blog bisnis
  4. Saat ini blog menjadi basis dari banyak platform website yang digunakan oleh personal maupun perusahaan. Tujuannya tentu untuk meraup pundi-pundi uang dari akses yang dilakukan oleh user lain ketika mengunjungi laman website, seperti perusahaan membuat konten pemasaran mereka dengan berbagai bentuk jasa atau layanan. Oleh karena itu, blog jenis ini umumnya tidak dimonetisasi dengan iklan-iklan pihak ketiga.

  5. Blog spam
  6. Blog spam adalah blog yang dibuat dengan tidak memperhatikan kualitas. Blog jenis ini umumnya berupa blog automatically generated content (AGC) yang bisa dengan mudah dibuat dalam jumlah masif. Pemilik tinggal menggunakan software (biasa juga kode tertentu atau plugin) pengambil konten dari blog atau website orang lain dan blog mereka akan dengan mudah terisi konten.

    Walaupun mudah dibuat, blog spam sering mendapat komplain dari pemilik blog yang kontennya diambil karena terjadi pelanggaran hak cipta. Bukan hanya itu, blog jenis ini menjadi sasaran empuk Google dalam membersihkan hasil pencariannya dari konten-konten yang tidak bermutu.

Demikian penjelasan lengkap tentang blog, Maiders. Kesimpulannya blog adalah platform yang dapat digunakan oleh semua orang. Sudah terpikir blog seperti apa yang akan kamu buat? Jika kamu sudah memiliki konsep, kamu bisa membuat blog tersebut menggunakan platform WordPress.

Kami menyarankan untuk menggunakan WordPress karena WordPress mudah digunakan siapa saja, baik orang awam maupun profesional. Konten-konten di blog kamu bisa menjadi portofolio online yang bisa diakses siapa saja, termasuk oleh perusahaan yang akan merekrut kamu, Maiders.

Apalagi rekrutmen di era digital ini tidak terbatas pada CV yang dikirimkan saja, tetapi juga pada jejak digital yang kamu miliki, Maiders.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.. sampai jumpa dengan informasi menarik lainnya. 🙂

*Sumber: Maimaid Team