Jakarta (17/11) – Helm menjadi salah satu pelindung kepala untuk kita semua yang akan mengendarai sebuah kendaraan motor, untuk saat ini memang terdapat cukup banyak sekali jenis helm. Agar helm awet serta nyaman dipakai, helm haruslah kita rawat nih, Maiders. Merawat helm memang gampang-gampang susah, Maiders. Terutama jika digunakan tiap hari yang pastinya bikin daleman helm cepat bau apek.

Rupanya ada beberapa penyebab utama helm kesayangan jadi bau, salah satunya jarang mencuci helm. Memang, buat usir bau nggak sedap ini nggak ada jalan lain selain harus rutin dibersihkan. Tapi Maiders, harus pahami langkah mudah dan benar saat cuci helm di rumah. Caranya bisa kalian simak di bawah sini:

  1. Lepas Kaca Helm (Visor)
  2. Cara mencuci helm yang pertama adalah melepas kaca helm atau visor. Bagian ini memang wajib dibersihkan agar kaca tidak cepat buram dan menjaga visibilitas dalam berkendara. Bagi Maiders, yang kesulitan melapasnya lebih baik jangan dipaksa. Biarkan saja kaca tersebut menempel pada helm, lalu Maiders membersihkannya dengan lap basah yang sudah dilengkapi cairan pembersih.

  3. Lepaskan Busa Helm
  4. Langkah kedua adalah melepaskan busa helm. Namun sebelum itu pastikan helm yang Maiders miliki dilengkapi fitur “Removable Padding”, sehingga busanya bisa dilepas. Kemudian lepaskan seluruh bagian busa sampai hanya tersisa batok dan gabus kerasa saja. Apabila busa tidak bisa dilepas jangan dipaksa, karena kemungkinan belum dilengkapi fitur Removable Padding yang otomatis akan membuat kita sedikit mengalami kesulitan saat ingin mencucinya.

  5. Rendam Busa Kedalam Air Sabun
  6. Setelah busa terlepas, selanjutnya Maiders merendam busa helm kedalam air sabun atau shampo selama kurang lebih 30 menit. Cara mencuci helm ini sangat penting agar kotoran yang menempel semakin mudah dibersihkan. Terlebih jika helm tidak pernah dicuci hingga berbulan-bulan atau bahkan tahunan, tentunya kotoran akan sulit hilang apabila tidak kita rendam terlebih dahulu.

  7. Menyikat Busa
  8. Proses perendaman busa helm bisa disesuaikan dengan tingkat kekotoran helm. Nah setelah direndam, kemudian Maiders menyikatnya dengan hati-hati ya. Disarankan untuk menggunakan sikat berukuran kecil agar tidak merusak busa helm. Maiders , harus melakukannya secara pelan-pelan sampai bersih.

  9. Peras dan Jemur Busa Helm
  10. Setelah direndam sekitar 10 menit, kemudian Maiders memeras busa helm tersebut sampa kering. Lalu Maiders mejemurnya saat matahari sedang terik atau menggunakan kipas angin jika busa tak terlalu basah. Menurut sumber, lebih menyarankan menjempur busa helm dibawah panas matahari agar busa cepat kering dan terhindar dari bau apek yang sering terjadi pada helm yang kondisinya basah.

  11. Jangan Menyikat EPS Styrofoam
  12. Semua helm dilengkapi lapisan EPS atau Styrofoam sebagai batok helm. Nah saat mencuci helm, disarankan untuk tidak meyikat bagian tersebut karena bisa merusak dan mengurangi masa pakai helm.

  13. Cuci Bagian Luar Helm
  14. Langkah selanjutnya adalah mencuci bagian luar helm. Mencucinya juga tak boleh sembarangan, Maiders. Disarankan lebih baik mencucinya dengan air bersih, lalu keringkan dengan kain halus dengan cara menggosoknya secara merata hingga semua air bisa teresap. Nah, agar bagian luas terlihat lebih kicong, Maiders bisa menggunakan wax pemoles. Apabila tidak memiliki wax pemoles, Anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih.

  15. Bersihkan Sampai Selah-Selah Terkecil
  16. Selain mencuci bagian luar, Maiders harus membersihkan bagian-bagian terkecil helm agar tidak ada kotoran yang menempel. Caranya cukup mudah, Maiders bisa menggunakan cotton bud atau sikat berukuran kecil. Setelah semua bersih, Maiders.

  17. Pasang Kembali Busa dan Visor
  18. Proses pengeringan busa berlangsung cukup cepat. Setelah benar-benar kering, Maiders tinggal memasangnya kembali ke bagian dalam helm. Saat memasangnya pastikan busa menempel secara sempurna. Biasanya sudah ada kait khusus untuk memasang busa helm dan apabila busa sudah terpasang sempurna maka akan terdengar suara “klek” sebagai tanda bahwa busa terkunci dengan baik pada batok helm.

  19. Semprotkan Parfum dan Desinfektan
  20. Cara mencuci helm yang terakhir adalah dengan menyemprotkan parfum atau pewangi agar helm semakin nyaman digunakan. Maiders, juga bisa membeli pewangi helm khusus yang berguna sebagai desinfektan. Tujuannya adalah untuk membunuh kuman penyebab bau tidak sedap serta mencegah jamur di bagian dalam helm.

Nah Maiders, itulah beberapa langkah dan cara mencucui helm sendiri dirumah yang mudah dan cepat, untuk melakukannya juga tidak perlu memerlukan peralatan yang banyak. Caranya memang sangat mudah sekali, kami yakin Maiders semua bisa melakukannya sendiri dirumah.

Demikianlah yang dapat tim Maimaid sampaikan kepada kalian semuanya Maiders, semoga informasi cara mencuci helm dapat bermanfaat bagi kalian semuanya.

*Sumber: www.otomotifo.com