Jakarta (14/10) – Berbicara tentang kemandirian dan kedewasaan, kita tentu ingin mengetahui Ciri-ciri dari kemandirian itu sendiri. Dengan mengetahui, kita dapat memastikan goal kemandirian yang akan dicapai. Apakah sudah tepat jika menyatakan mandiri?

Sifat mandiri berarti tidak bergantung pada orang lain dan tak masalah melakukan hal-hal sendiri. Karakter satu ini tak hanya menguntungkan secara mental, tetapi juga fisik.

Berikut ciri-ciri tanda kamu memiliki pribadi yang mandiri, tangguh dan dewasa:

  1. Lebih percaya diri
  2. Rasa percaya diri akan meningkat pada mereka yang mandiri, tanpa disadari. Segala sesuatu yang beres dilakukan sendiri membuat kamu merasa gembira, puas, dan sejahtera. kamu merasa bebas stres, otak lebih aktif, dan tubuh lebih segar, Maiders.

  3. Tidak takut ambil risiko
  4. Buat dirimu seorang wanita biasanya keberhasilan tidak mengandalkan keberuntungan dalam hidup, ia mengambil kesempatan dan mengambil risiko. Membuat keputusan yang tak mudah justru menguatkannya. Dan dari sinilah ia mengasah ketahanan mental dan menjadikannya makin tangguh.

  5. Mencintai diri sendiri
  6. Terkadang seseorang ada yang merasa dirinya cantik atau tampan, tubuhnya pendek, pahanya besar, kulit hitam, gemuk dan lain sebagainya. Orang yang sukses dan tangguh tak memikirkan hal remeh seperti itu. Sebaliknya, ia mencintai dirinya sendiri terlebih dahulu dan mencari kelebihan yang ia miliki untuk mendukung kesuksesannya. Karena ia tahu, tak semua hal dinilai dari fisik.

  7. Berpikir sebelum bertindak
  8. Maiders, ketika kamu sedang menghadapi masalah, kamu bisa mengendalikan diri saat menyikapi suatu hal. Kamu akan berpikir mengenai solusi yang terbaik dan logis untuk dilakukan, yang tidak merugikan diri sendiri atau orang lain.

  9. Mencari solusi, mengakui kesalahan dan tidak menyalahkan
  10. Maiders, ketika dihadapi dengan masalah dan kamu berkontribusi terhadap kesalahan tersebut, kamu akan berbesar hati untuk jujur dan bertanggung jawab mengakui kesalahan dan fokus mencari solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kamu tidak akan berusaha mencari kambing hitam untuk disalahkan karena buat kamu, kesalahan merupakan pembelajaran.

  11. Lebih Menghargai Waktu
  12. Ini dia salah satu ciri-ciri seseorang yang mandiri, Seiring berkembangnya sifat dewasa seseorang, kamu akan lebih menghargai waktu. Selain itu, kamu juga semakin pintar membagi waktu dan juga memprioritaskan hal apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Kalau Maiders sudah bisa melakukan manajemen waktu yang baik sehingga hari-hari kamu bisa terisi dengan kegiatan yang bermanfaat, itu tandanya kamu sudah mulai dewasa, Maiders. Jika kamu sudah pandai memanajemen waktu, pastinya kamu juga akan mudah membuat skala prioritas dan juga mudah untuk memahami betapa berharganya waktu.

Menjadi pribadi yang mandiri, tangguh dan dewasa adalah saat di mana kita sudah bisa memutuskan yang terbaik untuk diri sendiri dan tidak lagi mengikuti apa yang diinginkan orang lain. Memasuki masa di mana kita menjadi dewasa, kalian akan mengetahui dengan jelas arah dan tujuan hidup kita.

Kita juga sudah akan mengerti apa yang kalian sukai dan apa yang tidak kalian sukai. Dengan memahami passion hidup kita, kita akan mudah menemukan apa sebenarnya impian-impian kita dan bagaimana upaya kita untuk mewujudkannya.

Inilah mengapa memahami pribadi diri sendiri dan passion diri merupakan hal yang menandakan kalau kita sudah menjadi seseorang yang mandiri.

Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa dengan informasi lainnya, Maiders.

*Sumber: Maimaid team