Jakarta (1/12) – Hampir 1 tahun Pandemi COVID-19 yang tengah melanda hampir seluruh dunia tentunya membawa perubahan signifikan bagi kehidupan sehari-hari. Begitu pula dengan masyarakat Indonesia yang tengah menjalani kondisi baru atau New Normal di tengah pandemi ini, yang menyangkut semua kegiatan di luar rumah kembali dilakukan.

Guru Besar UGM, Prof. Endang Sutriswati Rahayu, menyampaikan beberapa tips untuk menjaga tubuh segar untuk mendukung sistem imun yang baik agar tidak mudah terserang penyakit di saat wabah pandemi covid-19. Menurut dosen Fakultas Teknologi Pertanian UGM ini menganjurkan agar selalu makan makanan bergizi, berimbang dan bervariasi. Dalam satu piring makan, porsi makanan yang paling sederhana yang diperlukan yaitu sepertiga nasi, seperti sayur, sepertiga lagi terdiri dari lauk dan buah.

Cara Menjaga Kesehatan Saat New Normal

New Normal atau kondisi baru yang secara bertahap memperbolehkan kegiatan di luar rumah kembali dilakukan masih membawa kekhawatiran sendiri. Kekhawatiran masyarakat berakar dari wabah COVID-19 di Indonesia yang sampai sejauh ini masih juga belum mereda.

Dengan menghadapi New Normal dalam keadaan pandemi yang masih belum mereda, Anda diharuskan menjaga kesehatan tubuh serta tetap melakukan social distancing hingga COVID-19 benar-benar menghilang dan kondisi kembali seperti semula.

Berikut beberapa hal yang bisa membuat kita sehat ditengah pandemi covid-19:

  • Aktivitas selingan
  • Maiders, agar Anda tidak stres, pilih satu kegiatan baru sesuai minat kamu setiap harinya untuk tetap menjaga mood. Cara paling mudah adalah dengan melakukan hobi, seperti memasak, membuat prakarya, berkebun, hingga menjahit.

    Tak hanya itu, aktivitas sederhana seperti menonton film, membaca buku, dan karaoke di rumah juga bisa menjadi pilihan jika hal-hal tersebut bisa membuat mood lebih terjaga. Jika bosan, segera ganti dengan kegiatan lain atau ikuti kelas online untuk belajar hal baru yang lebih menantang dan menyenangkan.

  • Komunikasi dengan sesama
  • Physical distancing bukan berarti menutup arus komunikasi dengan sesama. Justru, Anda harus tetap menjaga komunikasi baik dengan keluarga atau teman agar tetap memiliki interaksi yang cukup meskipun tidak diperkenankan bertemu.

    Manfaatkan teknologi untuk berkomunikasi jarak jauh. Jika menelepon saja tidak cukup, kamu bisa menggunakan fitur video call agar interaksi lebih terasa nyata karena bisa bertatap muka secara langsung.

  • Olahraga rutin meski di rumah
  • COVID-19 bisa menyerang siapa saja. Supaya Anda tidak mudah terjangkit, pastikan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan daya tahan tubuh meningkat. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah tidak menghilangkan kebiasaan olahraga meski berada di tengah pandemi.

    Anda tidak harus berolahraga tiap hari. Berolahragalah minimal tiga kali seminggu dengan durasi 30-60 menit per sesi. Walaupun New Normal sudah mulai membolehkan Anda menjalankan aktivitas di luar, sebaiknya tetap lakukan olahraga di rumah untuk meminimalisir bertemu banyak orang, sehingga mengurangi risiko tertular virus.

    Anda masih bisa lari di rumah menggunakan treadmill atau angkat beban dengan dumbell, atau lari mengelilingi pekarangan rumah. Anda juga perlu memakai sepatu olahraga favorit selama berolahraga untuk membangkitkan semangat dan terhindar dari cidera.

    Selain lari dan angkat beban, Anda bisa melakukan olahraga senam, yoga, atau pilates. Anda bisa mengikuti video di youtube atau mengikuti kelas olahraga online yang banyak ditawarkan oleh instruktur.

    Olahraga selain untuk kesehatan dan kebugaran, juga bisa menjadi refreshing dan terapi agar tubuh tidak kaku setelah lama bekerja. Anda hanya perlu menyiapkan matras yoga yang sesuai serta pakaian olahraga yang nyaman lalu mengikuti instruktur yoga lewat layar laptop.

  • Selalu menjaga kebersihan
  • Maiders, supaya Anda tidak mudah terserang virus maupun jatuh sakit selama new normal, tetaplah jaga kebersihan terutama saat beraktivitas di luar. Usahakan ketika mandi menggunakan sabun anti-bakteri, karena kandungan anti-septiknya dapat memberikan perlindungan dari kuman penyebab penyakit. Jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker ketika keluar rumah. Selain itu, jagalah selalu kebersihan tangan Anda saat beraktivitas di luar dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun anti-bakteri. Atau Anda dapat menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol 70 persen dan moisturizer agar tangan tetap bersih dan lembab.

    Anda juga perlu memerhatikan kebersihan benda-benda di sekitar. Caranya bisa Anda lakukan dengan menyemprotkan cairan antiseptik pada benda-benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, keran air, atau saklar lampu.

Tetap sabar dan terus semangat ya, sementara ini, selain tetap berusaha menghindari keramaian dan melakukan berbagai aktivitas dirumah saja sesuai anjuran pemerintah, Anda juga perlu menerapkan gaya hidup bersih dan sehat sebagai upaya tambahan agar terhindar dari virus.

Mengonsumsi vitamin tambahan juga bisa Anda lakukan untuk tetap memenuhi kebutuhan nutrisi, serta meningkatkan imunitas. Anda bisa berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu agar tahu lebih jelas vitamin seperti apa yang Anda butuhkan, misalnya kebutuhan vitamin C setiap orang berbeda tergantung usia dan jenis kelamin.

Tak hanya kesehatan fisik, kesehatan mental juga penting untuk diperhatikan. Jangan sampai, karena terlalu panik atau sering membaca dan menonton berita tentang virus tersebut, lantas Anda menjadi stres dan berdampak negatif pada kesehatan psikis Anda.

*Sumber: Maimaid Team