Jakarta (20/10) – Sekarang hampir semua orang memiliki Smartphone. Memiliki smartphone saat ini bukanlah barang mewah lagi. Apalagi kini di era yang serba digital, dengan kecanggihan teknologi smartphone hadir dengan fitur, kemampuan dan spesifikasi yang semakin canggih dan keren.

Bahkan sekarang, kecenderungan dan kebiasaan orang semakin bergeser kearah yang lebih simpel dan mobile. Dulu, kalo ingin mengabadikan momen dengan kualias foto yang lebih bagus, DSLR atau kamera digital adalah salah satu pilihan terbaiknya.

Kini, karena sifatnya yang lebih praktis, simpel, ringan dan mudah dibawa kemana-mana, orang lebih senang mengabadikan momen-momen indah dalam hidupnya lewat kamera hape mereka.

Apalagi fitur-fitur dan spesifikasi hape dan smartphone yang ada saat ini semakin hari semakin canggih dan beberapa ada yang memiliki resolusi setara atau bahkan lebih dari kamera DSLR.

Ingin jago memotret tapi hanya punya kamera handphone atau smartphone? Jangan ragu, di era saat ini kecanggihan teknologi kamera smartphone membuat hasil fotonya sudah sulit dibedakan dengan foto dari kamera digital dalam kondisi tertentu.

Kamu yang gemar fotografi tapi terbatas dengan alat yang ada, yuk maksimalkan smartphone yang ada di tangan kamu lewat beberapa tips berikut ini:

  1. Pelajari fitur di kamera smartphone kamu
  2. Segala sesuatu di dunia ini memiliki dua sisi, kekuatan dan kelemahan, kelebihan dan kekurangan, plus dan minus. Tak terkecuali dengan hp atau smartphone kamu. Nah, sekarang coba perhatikan hp atau smartphone kamu, Maiders. Apa brand dan platform hp anda, iPhone, Android, Windows Phone? Bagaimana spek kameranya? Berapa resolusinya? Apa jenis lensa yang digunakan? Berapa aperture atau bukaannya? ISO-nya bagaimana? Apakah hp kamu lebih bagus untuk memotret di siang hari ketimbang pada malam hari?

    Semua itu harus Maiders perhatikan dan kamu pahami agar nantinya kamu mampu menghasilkan kualitas foto yang keren lewat hp atau smartphone kamu. Coba deh lihat dan cek fitur, kemampuan dan spesifikasi hp kamu ya, Maiders. Jangan lupa untuk mengatur besaran megapixel-nya ke resolusi yang paling tinggi. Resolusi kamera merupakan salah satu faktor utama menghasilkan foto yang tajam dan jernih.

  3. Perhatikan cahaya saat memotret
  4. Istilah lain dari fotografi adalah melukis dengan cahaya. Gunakan pencahayaan alami, pastikan pencahayaan yang ada cukup. Jangan berlebihan apalagi kurang. Hal ini sangat penting. Mengingat keterbatasan sensor lensa kamera pada hp kamu yang ukurannya tentu lebih kecil dari kamera DSLR ataupun mirrorless. Karena ukurannya yang kecil otomatis kemampuan menangkap cahaya juga lebih sedikit.

    Karena itu, kamu harus mengakalinya dengan memotret dalam lingkungan yang cukup terang. Ingat, kamera hp atau smartphone tidaklah sesensitif mata kita yang bisa melihat dalam keremangan. Karenanya, usahakan agar cahaya yang menerangi objek foto mencukupi. Makanya, tidak heran jika hasil foto outdoor cenderung lebih bagus daripada hasil foto indoor.

  5. Sudut (angle) pengambilan gambar yag tepat
  6. Maiders, kamu tentu pernah melihat beberapa foto di Instagram dengan sudut pengambilan gambar yang unik-unik bukan? Yap, mengambil gambar dengan beberapa sudut pemotretan akan membuat foto yang dihasilkan terkesan lebih kreatif.

    Salah satu cara agar foto tampak lebih menarik adalah dengan fokus pada satu objek yang terlihat menarik. Bagaimana cara menentukannya? Perbanyak melihat dan membandingkan hasil foto dari fotografer lain.

    Sering-seringlah stalk timeline IG mereka lalu pelajari objek yang biasa mereka potret. Setelah itu temukan passion kamu dimana. Jika tertarik memotret sunset atau sunrise. Jadikan itu objek utama kamu. Tertarik memotret bunga? Silahkan temukan bunga yang paling indah dan menarik yang bisa kamu potret.

    Untuk membuat objek yang dihasilkan jadi lebih menarik kamu juga bisa menggunakan settingan mode macro pada hp anda plus efek bokeh (background blur) sehingga objek yang dibidik bisa lebih detail, fokus dan menarik.

  7. Pertahankan warna sesuai aslinya
  8. Agar hasil jepretan kamu terlihat keren maka coba selalu pertahanan warna asli dari objek. Hal itu bukan tanpa alasan sebab mempertahankan warna sesuai aslinya akan membuat foto kamu natural.

  9. Jika ada setting manual, atur diafragma dan speed shutter secara tepat
  10. Pada setiap kamera smartphone terdapat komponen bernama shutter atau sering disebut juga rana. Ketika kita mengambil sebuah gambar, shutter akan membuka dan menutup secara otomatis. Jadi, shutter speed dapat diartikan kecepatan atau rentan waktu yang dibutuhkan shutter untuk terbuka.

    Jika kita mengatur shutter speed menjadi lambat maka shutter akan terbuka lebih lama (menyerap lebih banyak cahaya) dan jika kita mengatur shutter speed menjadi cepat maka shutter akan terbuka lebih cepat (menyerap lebih sedikit cahaya).

    Fotografer profesional biasanya menggunakan shutter speed untuk mengontrol tingkat blur serta membuat gambar dengan efek-efek yang artistik. Gunakan shutter speed tinggi untuk memotret objek yang bergerak cepat dan shutter lambat untuk memotret light trail.

  11. Maksimalkan daya imajinasi dan kreatifitas kamu
  12. Hal satu ini cara yang efektif membuat kamu lebih mantap lagi untuk menghasilkan gambar yang bagus ke depannya bahkan sekalipun hanya dengan kamera smartphone. Tapi selalu memaksimalkan apa yang dibutuhkan. Misalnya, dinding, properti, dan objek. Setelah itu, dia akan melanjutkan ke teknik foto.

    Proses pengambilan gambar pun disesuaikan dengan keinginan. Seperti, low angle, high angle, maupun bermain perspective. Yang pasti, semua kembali pada imajinasi sang fotografer. Cukup dengan mengikuti media sosial beberapa fotografer kamu sudah bisa mendapatkan sumber inspirasi, Maiders.

Intinya, kamu harus berani mengambil gambar dari sudut atau angle yang tidak biasa, ekstrim dan anti mainstream. Kamu mesti mencoba bereksperimen dengan sesuatu yang tidak umum, unik dan sedikit nyentrik.

Itulah tips dan trik hasilkan foto ciamik dengan kamera smartphone. kamu yang ingin belajar fotografi melalui kamera hp dapat mencoba trik-trik ampuh diatas. Oke, Maiders? Selamat mencoba!

*Sumber: Maimaid Team