Jakarta (9/6) – Kelulusan dari dunia perkuliahan adalah hal yang paling dinantikan oleh para mahasiswa di berbagai universitas. Kesempatan mencari kerja sesuai minat dan cita-cita ada di depan mata! Namun, semua menjadi buram ketika pandemi corona menyerang Indonesia. Semua orang harus melakukan self-quarantine dan social-distancing, para pekerja dan pelajar harus beraktivitas di rumah saja, tidak bisa keluar rumah.

Beberapa perusahaan pun menutup lowongan kerja karena wabah ini. Kebahagiaan menemukan karier impian nampaknya harus tertunda selama sementara. Apa ini artinya kamu harus menganggur sampai Indonesia kembali pulih? Apa ini artinya kamu tidak bisa mencari kerja selama berada di rumah saja?

Melansir dari Her Campus, sebenarnya kamu tetap bisa mencari dan melamar pekerjaan selama masa pandemi covid-19 ini. Berikut beberapa tipsnya:

  1. Lengkapi penilaian keterampilan pribadi
  2. Oates merekomendasikan untuk menggunakan situs penilaian keterampilan My Next Move, yang diluncurkan pada 2009. Situs ini berguna dalam menemukan pekerjaan yang sesuai dengan spesifikasi kemampuan dan pekerjaan yang dibutuhkan. Seperti halnya tes bakat karier.

    Hasil penilaian keterampilan ini, dipasangkan menjadi informasi mengenai kamu di tengah pasar tenaga kerja. Dengan begitu akan muncul rekomendasi pencarian pekerjaan yang sesuai dengan karier kamu, Maiders.

  3. Gabung organisasi yang meningkatkan skill
  4. Career One Stop dari Departemen Tenaga Kerja adalah tempat yang baik untuk dikunjungi untuk menyiapkan diri dalam mendapatkan pekerjaan. Seperti mendapatkan tunjangan pengangguran, mengajarkan pembuatan CV, mempersiapkan wawancara, dan pelatihan prakerja.

    Menurut Presiden dan CEO National Able Network di Chicago Bridget Altenburg, ketika mencari pelatihan kerja, pertimbangkan organisasi yang memiliki saluran bakat yang jelas yang dapat menghubungkan kamu secara langsung dengan perusahaan yang menampung potensi kamu.

  5. Coba pekerjaan part time dan freelance
  6. Coba temukan pekerjaan paruh waktu (part time) di lingkungan sekitar. Seperti pegawai supermarket atau supir pengiriman. Selain itu, kembangkan potensi yang Anda miliki dengan bekerja freelance, seperti membuka kursus ke rumah-rumah bagi anak-anak yang belajar di rumah, buka jasa membuat desain portofolio, atau apapun proyek freelance lainnya.

  7. Pastikan melamar di situs resmi perusahaan
  8. Ketika melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, pastikan postingan atau pengumuman pekerjaan tersebut situs resmi dan atas nama perusahaan sendiri. Hal tersebut membantu kamu meyakinkan diri siapa yang akan bertanggungjawab dalam perekrutan.

  9. Cari tahu latar belakang perusahaan
  10. Sebelum memastikan melamar pekerjaan di perusahaan coba untuk mencari tahu mengenai latar belakang perusahaan tersebut. Data tersebut bisa didapat dari situs perusahaan dan mencari ulasan dari karyawan yang bekerja di sana.

Situs pekerjaan seperti Monster, CareerBuilder, ZipRecruiter, Glassdoor dan LinkedIn juga bisa menjadi langkah pertama yang baik untuk mendapatkan informasi perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Selain itu, dapat melihat rekan Anda yang bekerja di perusahaan tersebut.

Nah, buat kamu yang berpengalaman sebagai Asisten Rumah Tangga (ART), Babysitter, Supir Pribadi atau Butler, gabung aja jadi mitra kami, Maimaid.id. Ratusan mitra sudah bergabung di Maimaid. Dijamin langsung kerja, prosesnya mudah dan aman.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal isi formulir di tautan ini: https://bit.ly/maimaid info lebih lanjut silakan hubungi via whatsapp di 0812 9056 2366

*sumber: detik