Jakarta (13/1) – Hampir semua orang rasanya membuat resolusi ketika memasuki tahun baru, namun hanya segelintir yang benar-benar serius merealisasikannya. Sisanya, hanya membiarkan resolusi tersebut menjadi target semata.

Termasuk target produktivitas. Padahal, enterpreneur dan penulis sejumlah judul buku, Damon Brown mengatakan, pergantian tahun bisa menjadi titik awal yang sempurna untuk memulai kembali produktivitas yang kendur di tahun sebelumnya.

Berikut empat langkah awal yang bisa kamu mulai untuk meningkatkan kembali produktivitas di awal tahun:

  1. Menghapus email dari ponsel
  2. Kedengarannya memang gila. Namun, Brown mengatakan bahwa dirinya mengenal banyak pengusaha sukses menghapus aplikasi email mereka dari ponselnya. Hasilnya, mereka tidak terus-menerus memeriksa email ketika mereka seharusnya bekerja, berpikir atau mendengarkan.

    Kita memang tetap bisa memeriksa email melalui browser web, namun langkah-langkah tambahan yang diperlukan untuk memeriksa email akan memerlambat kita.

    Meskipun tidak sepenuhnya menghentikan kita membuka email, secara sadar maupun tidak kita akan menguranginya.

  3. Mematikan notifikasi
  4. Kita terbiasa untuk menyalakan notifikasi di ponsel kita. Namun, notifikasi kini menjadi lebih agresif dan getaran di saku seringkali tidak bisa dibedakan, antara keperluan pekerjaan yang mendesak atau sekadar pengingat diskon makan di kafe terdekat.

    Demi produktivitas, matikan semua notifikasimu. Kamu bisa membuat pengecualian, misalnya hanya untuk panggilan telepon atau pesan teks dari atasanmu.

  5. Jadwal bermedia sosial
  6. Mengatur jadwal bermedia sosial tidak hanya untuk introvert. Bahkan, merencanakan waktu konkret untuk bermedia sosial dapat menghentikan waktu yang selama ini terbuang. Mendedikasikan hanya, misalnya, 30 menit setiap hari untuk membuka media sosial juga bisa membantu kita lebih produktif dalam bekerja.

  7. Memprioritaskan tiga hal
  8. Kamu mungkin punya puluhan hal untuk dilakukan. Nah, cobalah untuk memangkasnya menjadi setengah dari itu, kemudian lakukan kembali. Kamu mungkin akan menyadari bahwa daftar pekerjaanmu tersebut sebetulnya tak berguna dan bisa dikurangi.

    Pada hari-hari terberatnya, Brown biasa hanya mengerjakan satu tugas. Menurutnya, menentukan prioritas kerja membuat kita mampu menyelesaikan tugas tersebut lebih cepat, sehingga siap mengerjakan tugas lainnya.

Banyak orang bependapat bahwa waktu yang paling tepat untuk bekerja secara produktif adalah pada awal minggu, atau kita sering menyebutnya dengan hari Senin. Namun jam berapakah tepatnya karyawan harus mulai bekerja, agar dirinya dapat prouktif ?

Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh Redbooth, perusahaan asal California yang melakukan penelitian terkait vitalitas kerja, puncak produktivitas seorang pekerja terjadi pada hari Senin, sebelum jam 11 siang. Karena sebelum pukul 11 adalah saat paling produktif, sehingga banyak hal penting sebaiknya dilakukan pada waktu itu.

Biasanya nih, Maiders mencari waktu produktiv agak sulit karena dimana setiap kita ingin melakukan sesuatu hal, pastinya ingin aman dan nyaman contohnya soal pekerjaan rumah.

Suasana rumah membuat kita sulit untuk menemukan waktu produktivitas, ada saja gangguannya dari rumah berantakan, cucian tumpuk ditambah lagi soal mengurus anak.

Tapi, dari kekhawatiran itu pastinya ada solusinya dong, yaitu Maimaid. Maimaid adalah platform penyedia tenaga kerja yang aman dan nyaman.

Maimaid melayani beberapa layanan yakni, Asisten Rumah Tangga, Babysitter / Mengurus Anak, Supir dan Butler. Pakai layanan Maimaid, dijamin waktu produktivitas kamu tidak akan ke ganggu lho.

Maiders, juga tidak perlu khawatir, Maimaid memiliki keunggulan yaitu garansi tanpa batas dan bebas biaya admin. Yuk pesan pekerja rumah tangga pilihan Anda hanya di www.maimaid.id atau hubungi hotline 021 22058667.

*Sumber: BBC